4 MACAM SOFTWARE SPREADSHEET YANG POPULER



Sebelum kita membahas mengenai berbagai macam software spreadsheet. Tentunya kita harus tahu dulu apa itu spreadsheet. Spreadsheet adalah lembaran kertas yang menunjukkan akuntansi atau data lain dalam baris dan kolom. Spreadsheet juga bisa diartikan sebagai aplikasi komputer program yang menangkap, menampilkan, dan memanipulasi data yang disusun dalam baris dan kolom. Spreadsheet biasanya digunakan pada komputer pribadi.


Dalam spreadsheet, data dapat berupa angka, teks, atau rumus-rumus kita letakkan dalam kotak (sel) yang merupakan perpotongan antara baris dan kolom. Setiap el yang berlabel sesuai dengan penempatan (misalnya, A1, A2, A3 ...) dan mungkin memiliki referensi absolut atau relatif ke sel di sekitarnya. Spreadsheet  ini umumnya dirancang untuk menampung data numerik dan string teks singkat. Spreadsheet biasanya menyediakan kemampuan untuk menggambarkan hubungan data grafis. 

Ada beberapa macam software spreadsheet yang biasa digunakan, diantaranya:

1. Microsoft Excel


Perangkat lunak yang satu ini berada dalam naungan Sistem operasi Windows. Untuk memperoleh fitur yang terbaru, tentnya kita hars terus mengupdate OS kita. Beberapa kegunaan yang dapat kita gunakan dengan menggunakan microsoft excel antara lain adalah:

Bidang akuntansi
Dalam bidang akuntansi, excel dapat digunakan untuk menghitung jumlah kerugian dan keuntungan dari sebuah transaksi penjualan. Selain itu, kita juga dapat menggunakan excel sebagai software untuk menghitung gaji karyawan dan masih banyak manfaat lainnya.

Kalkulasi Matematis
Microsoft excel dapat digunakan untuk mencari hasil dari penjumlahan, pengurangan, perkalian serta pembagian. Bahkan software ini juga dapat digunakan untuk menghitung beberapa variasi dari proses perhitungan.

Pengelolaan data
Pengelolaan data yang dimaksudkan disini adalah untuk mengelola sebuah data yang ada untuk dicari nilai tengah, rata-rata (average), atau mencari nilai maksimum dan minimumnya. Sehingga dapat memudahkan pekerjaan kita tanpa harus menghitung secara manual.

Membuat grafik
Microsoft excel juga dapat digunakan untuk membuat grafik dari sebuah data yang ada. Misalnya saja grafik penjualan perusahaan tiap bulan, ataupun grafik nilai murid dalam sebuah kelas dan masih banyak lainnya.

2. Google Sheets


Google Sheets adalah aplikasi yang disediakan Google yang fungsinya sama dengan Excel yaitu sebagai perhitungan data berupa angka, memasukkan data dan formula, formatting cells, dan membuat chart.
Bila kita bekerja dalam tim, Google Sheets ini memberikan fitur yang memudahkan kita untuk bekerja secara bersama-sama. Bahkan bila tim kita sedang tidak sedang bekerja di samping kita, Google Sheets membantu kita berkolaborasi secara realtime. Fitur kolaborasi ini diantaranya memungkinkan kita untuk bekerja pada satu dokumen secara simultan dengan orang lain, berbagi satu file yang sama, editing dokumen, melihat apa yang orang lain kerjakan, serta mengobrol dengan mereka secara live.

3. Libre Office (Calc)


LibreOffice Calc berfungsi untuk membuat dan memanipulasi data angka, teks dan rumus-rumus matematis. Selanjutnya menampilkannya menjadi sebuah tabel data yang terstruktur atau berupa gambar grafik yang menarik dan mudah dipahami.
Fitur LibreOffice Calc, diantaranya:
Perhitungan
LibreOffice Calc menyediakan sejumlah fungsi, termasuk fungsi statistik dan perbankan, sehingga kita bisa membuat rumus untuk melakukan perhitungan data yang kompleks.

Perhitungan What-If (Bagaimana Jika)
Sebuah fitur yang menarik, yakni mampu segera menampilkan hasil perubahan yang terjadi pada salah satu faktor perhitungan yang terdiri atas sejumlah faktor lainnya. 

Fungsi Basis Data
Menggunakan lembar kerja untuk menyusun, menyimpan, dan menyaring data.

Menyusun Data
Hanya dengan sejumlah klik, kita bisa mengatur ulang lembar kerja untuk menampilkan atau menyembunyikan data-data tertentu, atau untuk memformat sebuah jangkauan data sesuai kondisi yang kita inginkan, atau pula secara cepat menghitung subtotal dan total data.

Bagan Dinamis
Dengan LibreOffice Calc, kita bisa menampilkan data dalam bentuk bagan dinamis yang bisa berubah-ubah secara otomatis saat data utamanya juga berubah.

4. Open Office (Calc)


Perangkat lunak pengolah angka ini bersifat open source dan multiplatform sehingga dapat digunakan pada sistem operasi apapun. OpenOffice Calc juga lebih mudah dioperasikan karena tampilan menunya yang didesain sederhana sehingga mudah untuk digunakan. Tampilan jendela softwarenya pun dilengkapi dengan menu-menu dan tombol tombol toolbar sehingga kita tidak akan kesusahan dalam mengoperasikannya. 

OpenOffice Calc merupakan program spreadsheet yang dapat kita gunakan untuk membuat daftar record dan menganalisis sebuah data. Software ini juga dapat digunakan untuk mengelola data dalam bentuk spreadsheet dan menggunakan rumus untuk melakukan perhitungan data serta menampilkannya dalam bentuk grafik. Pada saat pertama kali membuka OpenOffice Calc kita akan disediakan 3 sheet yang dapat ditambah dan dikurangkan. Model OpenOffice ini hampir sama dengan program Excel.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi teman-teman, dan dapat menambah pengetahuan kita bersama.


Comments