2 APLIKASI EDITING TERBAIK YANG MUDAH DIGUNAKAN






Kata editing dalam bahasa Indonesia adalah serapan dari Ingris. Editing berasal dari bahasa Latin editus yang artinya ‘menyajikan kembali’. Sedangkan audio adalah suara atau bunyi yang dihasilkan oleh getaran suatu benda. Jadi, dapat disimpulkan bahwa  audio adalah menyajikan suara atau bunyi yang baru. Audio ini nantinya dapat kita manfaatkan sebagai backsound, musik, atau berbagai hal lainnya.

Dalam editing audio, ada beberapa tahap yang harus diperhatikan. Hal ini sangatlah penting dalam pengetahuan awal kita ketika ingin melakukan editing. Tahap-tahap tersebut antara lain :

1.       Pemilihan nada.
Pada tahapan ini, kita harus menentukan nada yang akan kita buat untuk menghasilkan audio. Kita dapat membuat konsep terlebih dahulu pada kertas untuk mempermudah proses editing.

2.     Editing.
Pada tahap ini, kita bisa memulai membuat rangkaian nada menggunakan software. Disini kita dapat mulai menulis audio yang akan kita buat.

3.     Mixing.
Tahap ini merupakan tahapan pencampuran suara-suara sesuai dengan suara yang diinginkan. Disini kita dapat memilih berbagai instrumen sebagai pelengkap rangkaian nada utama yang telah kita buat.

4.    Transfering.
Tahap ini merupakan tahapan untuk memindahkan suara hasil mixing ke media penyimpanan.

Editing audio terasa sangat menyenangkan karena setiap irama yang keluar seakan menjadi alunan musik. Tapi dalam proses editing, kita dituntut untuk benar-benar jeli, sekecil apapun suara yang kita hasilkan harus dapat didengar. Intinya, jangan sampai ada suara sumbang ataupun noise (si pengganggu). Bukan hanya itu saja, tapi kunci utamanya adalah memiliki software editing yang bagus atau sekirannya mendukung. Gunakanlah software yang simple tapi fiturnya banyak Berikut ini adalah beberapa software editing audio yang dapat digunakan.

1.       Guitar Pro
Guitar Pro adalah editor multitrack dari tablature gitar dan bass dan skor musik , memiliki built-in MIDI -editor, plotter chord, pemain, metronom, dan alat lainnya untuk musisi. Ini memiliki versi untuk Windows dan Mac OS X (hanya prosesor Intel) dan ditulis oleh perusahaan Perancis Arobas Music.
Ada lima rilis utama publik yang populer dari perangkat lunak: versi 3–7. Guitar Pro pada awalnya dirancang sebagai editor tablature, tetapi sekarang berkembang untuk alat musik selain gitar. Kelemahan software ini adalah formatnya MIDI, sehingga harus di convert dahulu ke MP3.

2.     Adobe Audition
Sudah tidak dapat diragukan lagi, produk-produk software besutan Adobe sangat sering menjadi standar atau software wajib bagi para individu yang menggeluti berbagai bidang kreatif. Salah satu contohnya adalah Adobe Audition.
Adobe Audition pada awalnya dikenal sebagai musik editor sederhana bernama Cool Edit Pro. Adobe Audition ditujukan bagi para profesional untuk menciptakan karya-karya musik melalui berbagai fitur yang ditawarkan. Adobe Audition menganut sistem multi-track studio recording sera membawa antarmuka yang bersih dan mudah dipahami.
Namun seperti produk Adobe lainnya, Audition bukanlah freeware atau program yang gratis. Untuk menikmati semua fiturnya, Kamu diwajibkan untuk membeli lisensi yang harganya bisa dibilang tidak murah.

Nah, itulah 2 software untuk editing video. Teruslah belajar agar hasilnya lebih maksimal. Happy trying guys!

Comments