SEKILAS MENGENAI GOLDEN RATIO



Sewaktu jalan-jalan di pameran lukisan, pasti kita pernah melihat beberapa lukisan atau sesekali melihat indahnya arsitektur bangunan yang kita pijaki. Salah satu yang ciamik yang terkenal hingga sekarang adalah lukisan Mona Lisa karya Leonardo da Vinci dan arsitektur Piramida Giza. Estetik kan? Kalau melihat logo brand ternama seperti Apple, Pepsi atau Twitter pasti pernah kan? Ketika kita lihat, baik lukisan maupun logo tersebut terlihat seimbang ya kan? Lalu, apa sih persamaan dari Piramida Giza dan lukisan Mona Lisa karya Leonardo da Vinci dengan logo Apple, Pepsi dan Twitter? Jawabannya adalah, semuanya dirancang atau didesain menggunakan komposisi Golden Ratio.

Mungkin diantara kita masih ada yang asing dengan istilah Golden Ratio. Dalam benak kita akan bertanya, “Apa sih Golden Ratio itu?”. Oke, pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai Golden Ratio tersebut.

Golden Ratio sering juga disebut rasio matematika. Golden ratio ini merupakan suatu proporsi yang sengaja dibuat oleh seseorang untuk memudahkan dalam pembuatan desain.

Golden Ratio ini dapat dimanfaatkan dalam pembuatan berbagai desain seperti logo, poster, dan sebagainya. Dalam dunia digital seperti sekarang, aspek desain tidak hanya terbatas pada Arsitektur dan Seni Murni saja seperti lukisan buatan Leonardo Da Vinci, tetapi juga Digital Art yang memiliki banyak hasil yang lebih dari sekadar ilustrasi. Digital art dapat diterapkan untuk  Web Design, Interface, Layout, Packaging, Branding, dan segala hal yang memerlukan desain.

Misalnya, Golden Ratio juga banyak ditemukan dalam berbagai desain cetak seperti: logo, poster, atau kartu undangan pernikahan. Dalam hal ini, kita bisa sedikit menyimpulkan bahwa Golden Ratio bisa menjadi acuan utama dalam membuat sebuah desain atau rancangan.

Proporsi dan komposisi adalah faktor yang penting dalam membuat suatu desain. Bentuk Golden Ratio yang paling banyak digunakan adalah Golden Rectangles, Golden Circle, Golden Spiral dan Golden Triangles. Beberapa bentuk Golden Ratio tersebut sudah digunakan sejak lama dalam kombinasi untuk membuat komposisi desain yang memikat. Untuk mereka yang sudah lama melakoni bidang ini pasti sudah tidak asing, tetapi jika kita seorang pemula maka sangat disarankan untuk mengenal dan mempelajari bentuk-bentuk dalam Golden Ratio ini.

Dengan mengenal dan mempelajari lebih dalam soal Golden Ratio maka akan sangat membantu seorang desainer selangkah lebih dekat untuk menciptakan pengalaman desain yang luar biasa.

Secara matematis, Golden Ratio adalah angka irasional, yang berarti kita tidak pernah dapat mencapai kesempurnaan dalam sebuah desain. Maka dari itu, penggunaan Golden Ratio membutuhkan banyak pemahaman dan latihan untuk menyempurnakannya.

Meski tidak setiap komposisi desain dapat diturunkan menggunakan Golden Ratio, tetapi sudah seharusnya Golden Ratio ada dan menjadi alat yang berguna di kotak alat seorang desainer. Penggunaan Golden Ratio menghadirkan keseimbangan alami dan harmoni visual dan merupakan pola yang diambil dari alam sekitar kita sehingga memberikan daya tarik estetika yang tak terbantahkan.

Nah, sudah paham mengenai pentingnya Golden Ratio untuk desain? Yuk, sama-sama belajar membuat Golden Ratio menjadi mudah dan efektif untuk digunakan dalam membuat sebuah desain.

Comments