4 CONTOH SOAL DAN JAWABAN HIPOTESIS

1.      Perusahaan reksadana menyatakan bahwa hasil investasinya rata-rata mencapai 13,17%. Untuk menguji apakah pernyataan tersebut benar, maka lembaga konsultan CESS mengadakan penelitian pada 36 perusahaan reksadana dan didapatkan hasil bahwa rata-rata hasil investasi adalah 11,39% dan standar deviasinya 2,09%. Ujilah apakah pernyataan perusahaan reksadana tersebut benar dengan taraf nyata 5%.

 

Diketahui :

      μ0 =  13,17%;

      n =  36 (sampel besar) ;

      X =  11,39%;

      S =  2,09%;

α = 5% sehingga 1- α = 95%

 

Jawab:

Nilai kritis Z = α/2 = α/2 = 0,5/2 = 0,025 dan nilai kritis Z dari tabel normal adalah 1,96.

 

Karena standar deviasi populasi tidak diketahui, maka diduga standar deviasi sampel dan standar error sampel adalah

sx = s/ n sehingga nilai Z adalah




Dapat disimpulkan bahwa menolak H0. Nilai uji Z = –5,11 terletak disebelah kiri –1,96. Oleh sebab itu dapat disimpulkan bahwa menolak H0 dan menerima H1.

 

2.     Kita ingin membandingkan rata-rata kandungan lemak pada produk susu yang diharuskan minimum sebesar 5 gram per sachet. Suatu survei untuk membandingkan kandungan lemak susu antara dua perusahaan dengan memilih sampel sebanyak 100 sachet produk A dan 100 sachet produk B. Berdasarkan hasil survei ditemukan rata-rata kandungan lemak produk A adalah 5,12 kg sedangkan produk B adalah 5,13 kg dengan deviasi standar produk A adalah 0,05 dan produk B adalah 0,06. Ujilah apakah kandungan lemak susu per sachet kedua produk tersebut sama atau berbeda.

 

    Diketahui :

n1= 100 

n2= 100

X1= 5,12 

X2= 5,13

S1= 0,05

S2= 0,06

Jawab:

H0 : μ1 = μ2

H1 : μ1 μ2

 

Untuk level signifikansi dipilih tingkat kepercayaan 95 %

 

Menentukan uji statistik :



Dengan memilih level signifikansi 95%, uji dua arah kita mendapatkan nilai Z tabel sebesar 1,96. Dengan membandingkan nilai z hitung dengan z tabel di mana z hitung lebih kecil dari pada Z tabel maka dapat kita simpulkan bahwa z hitung terletak pada daerah penerimaan H0, sehingga bisa disimpulkan bahwa rata-rata kandungan susu kedua produk adalah sama. 

3.     Suatu survei tentang merek kacang garing yang a dibeli oleh konsumen menyatakan bahwa proporsi kacang garing merek A dikonsumsi 60% konsumen yang menjadi responden.Dengan menggunakan uji hipotesis proporsi, nilai lah peluang bahwa kacang merek A dipilih oleh para konsumen jika dari hasil penelitian selanjutnya yang dilakukan terhadap 1000 orang, sebanyak 500 orang menyatakan memilih merek A, Ujilah apakah perbedaan hasil penelitian tersebut sesuai dengan survei sebelumnya?

 

Diketahui :

Ho : 0,6

H1 : < 0,6

 

Jawab:

Level kepercayaan dipilih 95%. Dari level kepercayaan 95 %, kita    dapat melihat bahwa nilai Z adalah 0,5 – 0,05 = 0,45. Nilai Z kita cari pada tabel Z dengan uji satu arah didapat nilai Z adalah 1,65. Aturan keputusan dapat digambarkan sebagai berikut.



4.     Suatu survei tentang majalah mengungkapkan bahwa majalah “Ekonomia” dibaca oleh pembaca 45% dari seluruh pembaca lakilaki, dan 46% pembaca perempuan dari seluruh pembaca perempuan. Manajer pemasaran majalah ingin membuktikan kebenaran survei tersebut dengan mengadakan penelitian terhadap pembaca di suatu kota. Jumlah responden lakilaki dipilih 150 orang dan yang membaca majalah sebanyak 69 orang mengaku membaca majalah Ekonomia, sedangkan dari 200 orang responden perempuan yang membaca majalah Ekonomia adalah 95 orang. Dengan menggunakan uji hipotesis proporsi ujilah apakah proporsi pembaca majalah tersebut sama?

 

Diketahui :

H0 : P1 = P2 : 1= 2

H1 : P1 P2 : 1 2

 

Jawab:

Level kepercayaan dipilih 95%.

 

Karena sampel yang digunakan cukup besar maka uji statistik yang digunakan adalah uji Z di mana distribusi mendekati standar normal.

 



Keterangan:

P1 : proporsi populasi pembaca laki-laki 

P2: proporsi populasi pembaca perempuan 

n1: jumlah sampel laki-laki 

n2: jumlah sampel perempuan 

Pc: rata-rata tertimbang dari dua proporsi sampel yang dihitung

     dengan 

 


Keterangan:

x1: jumlah sampel laki-laki yang membaca majalah ekonomi 

x2: jumlah sampel perempuan yang membaca majalah ekonomi 


Kesimpulan:

Karena dari hipotesis tersebut tidak menyatakan suatu petunjuk seperti lebih besar atau lebih kecil, maka kita menggunakan uji dua arah. Titik kritis dengan level kepercayaan 95% adalah 1,96, sehingga jika nilai Z hitung berada pada 1,96 kita tidak menolak hipotesis null.

X1: 69    

N1: 150 

p1 : 69/150 = 0,46 

X2: 95    

N2: 200

P2 : 200/95 = 0,475



 


Comments