SEJARAH TERBENTUKNYA SISTEM OPERASI MICROSOFT WINDOWS


Pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai Microsoft Windows, atau singkatnya sering kita sebut Windows. Yup, siapa sih yang tidak kenal dengan Windows. Namun, sebagian dari kalian pasti pernah terbesit pertanyaan “windows itu apa sih? Gunanya apa? Kok bisa ada windows? Sejarahnya gimana?”. Semua pertanyaan kamu akan terjawab di artikel ini.

Microsoft Windows itu merupakan suatu sistem operasi. Sebelum lanjut membahas windows, kita bahas dulu apa itu sistem operasi. Sistem operasi atau Operating System (OS) sendiri merupakan sekumpulan perangkat yang dimiliki komputer dan saling berkaitan satu dengan yang lain serta berinteraksi untuk menjalankan proses dalam pengolahan data untuk menghasilkan sebuah informasi.

Sumber lain yang dapat dipahami mengenai sistem operasi adalah perangkat lunak sitem yang kerjanya mengatur sumber daya pada perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware), serta bertugas sebagai daemon bagi program dalam komputer. Jadi, sistem operasi ini merupakan ibu dari aplikasi-aplikasi yang selama ini kita gunakan. Kalau tidak ada sistem operasi, ya aplikasi yang kita gunakan tidak akan berjalan. Nah gitu. Sampe sini paham? Lanjut yaaaa…

Nah seperti namanya, Microsoft Windows ini merupakan garapan dari Microsoft. Windows ini sangat mendunia loh. Hampir semua PC menggunakan ini sebagai sistem operasinya loh, kecuali apple ya. Apple ini emang mandiri banget, punya sistem operasi sendiri. Pasti tau kan? OS ini memang saingan banget sama Windows. Yoi, Macintosh (Mac OS). Microsoft bersaing terhadap larisnya penjualan Apple Macintosh yang menggunakan GUI.  

Microsoft pertama kali menciptakan MS-DOS versi Windows Graphic Environment 1.0 pada tanggal 10 November 1983, tetapi baru keluar pasar pada bulan November tahun 1985. Sistem operasi ini berbasis modus teks dan command-line yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputer dengan tampilan bergambar.

Windows 1.0 ini bukan merupakan sistem operasi. Doi hanya merupakan perangkat lunak 16-bit tambahan yang berjalan di atas MS-DOS dan beberapa varian dari MS-DOS, sehingga doi tidak akan dapat berjalan tanpa adanya sistem operasi DOS. Agak menyulitkan ya. Versi kedua dan ketiganya juga sama, masih bergantung gitu dengan yang lain.

Nah, barulah pada versi 4.0 dan Windows NT 3.1, windows mulai move nih. Ini merupakan gebrakan baru windows untuk membuat sistem operasi mandiri yang tidak lagi bergantung kepada sistem operasi MS-DOS. Microsoft Windows kemudian bisa berkembang dan dapat menguasai penggunaan sistem operasi hingga mencapai 90%. Memang ya, usaha tidak mengkhianati hasil. Berhasil deh Microsoft menandingi Macintosh.

Pada artikel lain, telah dijelaskan mengenai kelebihan dan kekurangan masing masing sistem operasi, termasuk Windows dan Macintosh. Jadi, kalau kamu ingin tau lebih lanjut, silahkan klik link ini https://www.indahrafiqa.com/2020/09/4-macam-sistem-operasi-beserta.html


Comments