6 KEUNTUNGAN ROOT

 


Root berarti suatu proses yang berfungsi untuk mendapatkan akses penuh terhadap sistem Android, sehingga penggunanya bisa melakukan berbagai modifikasi. Root kini sudah bukan jadi hal yang asing lagi. Jangankan yang sudah master, pengguna Android biasa pun sudah banyak yang tahu soal ini. Bagi sebagian pengguna Android, bahkan rooting sudah menjadi hal yang wajib dilakukan. Tujuannya, demi memperoleh fitur-fitur yang tidak bisa didapatkan di Android dalam keadaan default. Apa saja sih keuntungan root? Let’s check to the list.

 

1.     Optimasi RAM Agar Lebih Lega

Optimasi RAM di Android, sebenarnya bisa dilakukan dengan beragam cara. Banyak aplikasi di Playstore yang berfungsi untuk membersihkan RAM agar menjadi lebih lega. Nah, tapi untuk membersihkan RAM via aplikasi ini biasanya dilakukan secara manual. Artinya, kita harus membuka aplikasi pembersih tersebut setiap kali ingin membersihkan RAM yang penuh. Lain hal jika HP sudah ada akses root, Anda bisa mendapatkan opimasi RAM secara otomatis yang diatur langsung dari background.

Pada sistem android terdahulu, hal ini sering menjadi alasan seseorang melakukan root mengingat RAM yang disediakan pada saat itu sangat tidak mencukupi. Untuk menghapus berbagai aplikasi bawaan hp, perlu dilakukan root.

 

2.  Baterai Lebih Hemat

         Kondisi baterai HP pada akses root bisa jauh lebih hemat dibanding non-root, lho. Perbedaannya pun bisa sampai 40% lebih hemat, tergantung dari seberapa jauh opmasi dilakukan. Misal, dari faktor management RAM yang lebih optimal, seperti pada poin sebelumnya.

 

3.  Bebas Install Aplikasi

Pada kondisi non-root, kita dibatasi dalam memakai aplikasi yang hanya butuh akses sistem biasa saja. Tapi, lain cerita kalau HP sudah di-root, kita bisa menginstal aplikasi apa pun, baik itu yang support root, maupun tidak. Dengan kondisi root juga kita bisa mengaktifkan fitur-fitur pada aplikasi yang sebelumnya tidak bisa diaktifkan dengan mode non-root.

 

4. Modifikasi Tampilan Android Jadi Makin Cantik

Dengan adanya akses root, kita bisa mengatur font, beragam icon yang lebih menarik, sampai mengatur boot logo saat HP baru menyala (Samsung, Xiaomi, ASUS misalnya). Sangat jauh berbeda dibanding HP dengan non-root yang tampilannya hanya itu-itu saja.

 

5.  Backup Data Lebih Aman dan Efisien

Dengan mode root, kita bisa melakukan backup APK + data yang sulit dilakukan di mode non-root. Selain itu, mengembalikan (restore) aplikasi atau data pun tidak perlu pakai cara manual lagi. Cukup dengan 1 kali klik, seluruh aplikasi yang dicadangkan akan otomatis kembali terinstal semuanya.

 

6. Fitur Tidak Terbatas

Dari penjelasan sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa fitur dari Android menjadi tidak terbatas dalam keadaan root.

 

Selain 6 poin yang dibahas tadi, bahkan masih sangat banyak lagi manfaat-manfaat lain yang bisa didapat di Android dalam mode root. Eitss, tapi, tetap hati-hati ya. Karena ada kerugiannya juga.

Comments