PAHAMI 3 KONSENTRASI INI SEBELUM KAMU MASUK TEKNIK INFORMATIKA





Bagi kamu yang suka berkecimpung di dunia komputer, prodi Teknik Informatika cocok sekali untukmu. Teknik Informatika adalah sebuah prodi yang mempelajari tentang ilmu-ilmu komputer, coding, dan berbagai penerapan ilmu matematika. Matematika yang dimaksud disini bukanlah pelajaran matematika yang sering kita pelajari di bangku sekolah, melainkan penerapan matematika dalam sebuah program komputer. Ini merupakan hal baru yang akan membuat para pecinta komputer merasa tertantang. Bukan hanya untuk menyalurkan hobi dan bakat, ternyata Teknik Informatika ini memiliki prospek kerja yang bagus loh. Apalagi di era sekarang ini,  teknologi semakin dibutuhkan di berbagai bidang dan digandrungi banyak kalangan, khususnya para remaja.

Kamu yang bercita-cita menjadi pengusaha, prodi ini cocok juga loh buat kamu. Di era sekarang, sebuah usaha juga butuh sentuhan teknologi didalamnya. Misalnya saja, usaha makanan ringan di pinggir jalan, pasti beda omzetnya dengan usaha makanan yang dipasarkan menggunakan sebuah aplikasi yang dapat menjangkau hingga ke pelosok negeri. Sebelum kamu benar-benar memutuskan untuk masuk Teknik Informatika, sebaiknya kamu simak beberapa konsentrasi yang akan kamu pilih nantinya di semester 5 :

1. Komputasi Cerdas dan Visualisasi (KCV)

Cocok banget nih buat kamu yang suka matematika. Ini bukan sekedar hitungan biasa seperti di sekolah, karena kamu disini akan lebih mendalami matematika dan diajarkan bagaimana menerapkan konsep matematika dalam sebuah program komputer.

Materi yang akan dipelajari pada KCV adalah:
ü Pengenalan pola
ü Data Mining
ü Mixed Reality (AR dan VR)
ü Informatika Robotika
ü Simulasi dan game komputer


2. Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)

Nah, kalau yang ini cocok banget buat kamu yang suka design dan segala sesuatu yang berbau seni, seperti animasi dan pemodelan 3D. Kalau kamu bercita-cita untuk membuat sebuah aplikasi seperti gojek, ruang guru, atau game sekalipun, kamu bisa pelajari pada konsentrasi ini.

Materi yang akan dipelajari pada RPL adalah:
ü Animasi dan Pemodelan 3D
ü Pemrograman Perangkat Lunak Mobile
ü Audit Teknologi informasi
ü Teknik Pengujian Perangkat Lunak
ü Rekayasa Web


3. Komputasi Berbasis Jaringan (KBJ)

Untuk kamu yang ingin jadi detektif conan seperti di film, kamu cocok memilih konsentrasi ini, karena disini kamu akan diajarkan tentang digital forensic. Seperti namanya, disini juga kamu akan diajarkan tentang jaringan. Jadi, untuk kamu yang bercita-cita bekerja di perusahaan telekomunikasi seperti, telkomsel, xl, ataupun indosat, kamu bisa pelajari dan mendalami ilmu tersebut pada konsentrasi ini. Dengan memilih konsentrasi ini, siapa tahu kamu bisa menjadi pelopor perubahan teknologi pada daerah terpelosok di Indonesia yang belum mendapatkan listrik dan jaringan.

Materi yang akan dipelajari pada KBJ adalah:
ü Jaringan Sensor Nirkabel
ü Teknologi antar Jaringan
ü Perancangan dan Manajemen Jaringan
ü Digital Forensic
ü Sistem Administrasi Jaringan

Comments