BERBAGAI PROFESI YANG BISA KAMU GELUTI JIKA KAMU MASUK TEKNIK INFORMATIKA


Blogger merupakan salah satu pekerjaan yang tidak bisa dianggap remeh. Pendapatan seorang blogger professional sangat menjanjikan. Percayalah, tidak ada cara menjadi blogger profesional yang instan. Semua harus dilakukan bertahap dan harus dimulai dengan persiapan yang baik. Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu kamu lakukan :

 

1.       Tentukan Tujuan

Mengetahui tujuan pembuatan blog merupakan langkah awal yang harus kamu lakukan. Penentuan tujuan ini tidak boleh dianggap remeh dan begitu saja kamu lewatkan. Dengan memiliki tujuan, kamu jadi tahu bagaimana blog tersebut akan dibangun. Dan, ke arah mana blog tersebut nantinya akan dikembangkan.  Penentuan tujuan ini akan berkaitan juga dengan tema yang akan kamu ambil.  Tujuan yang ingin kamu capai misalnya ingin berbagi ilmu dan pengetahuan kepada orang lain mengenai bidang pekerjaanmu saat ini.

 

2.    Tentukan Topik dan Tema

Pilihlah topik blog yang sesuai dengan minat dan keahlian. Dengan demikian, tidak ada kata bosan ketika mengelola blog atau kehabisan ide saat akan menulis konten. Selain itu, pilihlah topik yang paling banyak dibutuhkan masyarakat. Hal ini dapat kamu ketahui dari banyaknya pencarian yang dilakukan di mesin pencari. Menentukan topik blog ini sangat penting untuk membuatmu menjadi blogger profesional. Topik yang dimaksudkan disini bukan hanya tentang teknologi, kuliner, fashion dan lain-lain. Namun, topik tersebut bisa berupa bahasan yang lebih spesifik, seperti review buku, rekomendasi film, hingga berbagai tips produktivitas. Misalnya saja, kamu seorang psikolog, kamu bisa mengambil topic blog mengenai parenting dan psikologi anak.

 

3.    Pilih Platform Blog

Memilih platform blog merupakan salah satu hal penting. Sebab, kesalahan memilih platform akan menghambat perkembangan blogmu. Saat ini terdapat banyak pilihan platform yang tersedia. Pilihlah sesuai dengan tujuan dan skillmu. Bagi pemula, menggunakan platform CMS (Content Management System) adalah pilihan terbaik. WordPress adalah salah satu CMS yang bisa kamu gunakan. Platform ini memberikan kemudahan bagi kamu untuk dapat mengelola blog bahkan tanpa kemampuan coding sama sekali.  Tidak hanya itu, WordPress merupakan platform yang ramah mesin pencari. Artinya, akan mendukung blogmu untuk bisa tampil di halaman utama Google dengan lebih mudah.

 

4.   Daftar Adsense

Adsense adalah program periklanan yang memungkinkan pemilik blog untuk mendapatkan penghasilan. Namun, untuk mendapatkan adsense, kamu harus memenuhi syarat dahulu. Berikut adalah syarat-syaratnya:

·      Konten menarik, berkualitas, dan orisinil (bukan copy paste)

·      Jumlah pengunjung blog adalah 250/hari

·      Usia blogger minimal 18 Tahun

·      Blog tidak boleh berisi konten pornografi, dewasa, atau vulgar, juga konten kekerasan dan berbau SARA.

Setelah memenuhi syarat-syarat diatas, kamu bisa langsung mendaftar google Adsense dan mendapatkan penghasilan.

 

Itulah 4 langkah menjadi blogger profesional. Jika ingin sukses, mulailah dari sekarang, kalau bukan sekarang, kapan lagi?

Comments