INI PERBEDAAN SISTEM OPERASI DAN PROGRAM APLIKASI, AGAR KAMU TIDAK SALAH LAGI



Banyak dari pengguna komputer yang menyamakan antara sistem operasi dan program aplikasi. Walaupun mirip dan saling berhubungan, tapi keduanya ini sebenarnya beda loh.

Sistem operasi merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk menjalankan program aplikasi. Dalam istilah bahasa Inggris, disebut Operating System atau yang sering disingkat OS. Sistem operasi inilah yang mengontrol perangkat keras sehingga program aplikasi dapat berjalan. Jika tidak ada sistem operasi, maka kinerja komputer akan berantakan dan komputer tidak akan bisa mengerjakan tugasnya dengan lancar. Singkatnya, sistem operasi ini memiliki tugas untuk mengontrol perangkat keras (hardware) dan berkoordinasi dengan berbagai program aplikasi dan berbagai user. Berikut ini beberapa jenis sistem operasi, antara lain:

1. Windows
Windows ini merupakan jenis sistem operasi yang paling diminati oleh pengguna komputer. Salah satu alasannya karena tampilannya yang mudah digunakan walaupun oleh orang awam sekalipun. Windows ini selalu melakukan upgrade untuk menambah dan memperbaiki fitur yang ada, sehingga windows ini memiliki banyak versi. Jika kita ingin lebih powerful, tentunya kita harus upgrade ke versi yang terbaru, namun tentunya butuh biaya juga untuk upgrade ini. Versi windows diantaranya windows 7,8,9,10 dan seterusnya.

2. Linux
Sistem operasi ini dinilai lebih murah dibandingkan sistem operasi lain, karena sistem operasi linux ini dapat diperoleh secara gratis, berbeda dengan windows yang harus membayar lisensi untuk mendapatkan versi originalnya. Sistem operasi ini pun mempunyai tingkat keamanan yang cukup baik, karena kebal dari serangan virus, Namun, tidak banyak teknisi yang memahami sistem operasi linux, sehingga sangat sulit bagi kita untuk melakukan perbaikan jika ada masalah pada sistem operasi ini. Contoh sistem operasi linux, diantaranya: Ubuntu, Debian, Mint, dan lain-lain.

3. Macintosh
Macintosh atau yang sering disingkat Mac OS merupakan sistem operasi yang dikhususkan untuk pengguna Apple, yang kita tahu harganya tidak murah. Namun, kualitasnya tidak perlu ditanyakan lagi. Mac OS memiliki tampilan tema yang begitu indah. Sistem operasi ini juga terkenal karena ketahanannya terhadap virus. Jadi, untuk pengguna yang telah lelah dengan adanya virus, boleh nih coba sistem operasi yang satu ini.

4. OS Mobile
OS Mobile atau yang bisa kita artikan Sistem Operasi Telepon Genggam ini mirip dengan sistem operasi yang ada pada komputer, namun sistem operasi ini terbilang lebih sederhana. Contoh OS Mobile, diantaranya: Android, iOS, Windows Phone, Symbian, Java, dan lain-lain.

Berbeda dengan sistem operasi, program aplikasi merupakan suatu program yang digunakan untuk menyelesaikan masalah pengguna, atau bisa juga dikatakan untuk mempermudah pekerjaan pengguna. Singkatnya, sistem operasi mencakup program aplikasi didalamnya. Jenis-jenis program aplikasi, diantaranya: Microsoft office (seperti: ms.wod, ms.excel, ms.power point), web browser (seperti: mozilla firefox dan chrome), dan grafis (seperti: photoshop dan corel draw).

1. Microsoft Word
Berfungsi untuk membuat makalah ataupun proposal. Biasanya, guru atau dosen sering memberikan tugas yang mengharuskan seorang siswa ataupun mahasiswa menggunakan ms.word. Didalam ms.word terdapat bermacam fitur yang dapat mempermudah pekerjaan. Seperti penomoran halaman, pembuatan tabel, simbol, ataupun gambar dan foto.

2. Microsoft Excel
Berfungsi untuk mengolah data dan melakukan penghitungan otomatis. Jadi, hasil yang didapatkan akan akurat tanpa membutuhkan waktu yang lama.

3. Microsoft Power Point
Berfungsi untuk membuat materi presentasi. Disini hanya dituliskan poin penting pada suatu topik saja. Karena fiturnya yang menarik dan materi yang ditampilkan to the point, orang yang melihatnya juga akan mudah memahami.

4. Mozilla Firefox
Berfungsi untuk browsing. Mozilla firefox ini merupakan browser yang paling sering digunakan oleh pengguna internet.

5. Chrome
Berfungsi untuk browsing dan mencari berbagai informasi yang diperlukan, baik itu berkaitan dengan pendidikan maupun hiburan. Chrome ini memiliki kelebihan dari browser lain, yaitu tab yang ada pada chrome dibuat terpisah, sehingga jika terjadi error pada salah satu tab, tidak akan menyebabkan error pada tab yang lain.

6. Photoshop
Berfungsi untuk mengedit sebuah gambar agar terlihat lebih artistik. Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mendesain logo, poster, maupun brosur.

7. Corel Draw
Berfungsi untuk mendesain sebuah spanduk atau sejenisnya. Berbeda dengan photoshop, pengguna dapat memperbesar ataupun memperkecil gambar tanpa mengubah kepadatannya (gambar tidak pecah)

Nah, itulah perbedaan sistem operasi dan program aplikasi. Walaupun sama-sama software, tapi sebenarnya keduanya beda loh. Semoga penjelasan diatas dapat dimengerti.

Comments