SISTEMATIKA PENULISAN MAKALAH



Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, makalah diartikan dalam dua hal. Yang pertama adalah tulisan resmi tentang suatu pokok yang dimaksudkan untuk dibacakan di muka umum di suatu persidangan dan yang sering disusun untuk diterbitkan. Yang kedua didefinisikan sebagai karya tulis pelajar atau mahasiswa sebagai laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah atau perguruan tinggi.

Aplikasi yang biasa digunakan untuk membuat makalah adalah Microsoft Word. Banyak versi Microsoft Word yang ada, tetapi lebih baik kita menggunakan versi terbaru agar kita mendapatkan fitur yang lebih banyak dan optimal. 

Untuk membuat makalah, tentunya kita harus memperhatikan kaidah penulisan dan sistematika penulisan makalah yang baik dan benar. Makalah memiliki halaman pendukung (Halaman Sampul, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Tabel, Daftar Gambar, Daftar Pustaka, dan Lampiran) dan halaman utama (Pendahuluan, Tinjauan Pustaka, Metode Penelitian, Hasil dan Pembahasan, serta Simpulan dan Saran).

Berikut ini akan dijelaskan sistematika makalah beserta penjelasannya untuk lebih memudahkan teman-teman dalam penyusunan makalah.

Halaman Sampul
Halaman sampul memuat judul makalah serta nama penulis, logo lembaga/institusi, serta tempat dan tahun dibuat. Judul pada halaman sampul menggunakan huruf kapital yang dicetak tebal dengan menggunakan jenis huruf Times New Roman dengan besar font sebesar 14, ditulis dengan pengaturan layout center (rata tengah).  Judul yang ditampilkan harus judul yang jelas, informatif, singkat namun menjelaskan isi dari penelitian dalam makalah tersebut. 

Kata Pengantar
Biasanya pada kata pengantar, penulis mencantumkan ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta ucapan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah mendukung dan membantu proses penyelesaian makalah.
Di akhir kata pengantar, penulis diperbolehkan menuliskan harapan penulisan makalah tersebut, manfaat bagi pembaca, kemudian penulis juga menerima masukan berupa kritik dan saran dari pembaca. Serta pencantuman nama lengkap penulis, tempat dan tanggal atau tahun (waktu) penulisan makalah tersebut.

Daftar Isi
Daftar isi memuat informasi halaman dari isi makalah. Setiap bab dan sub-bab dalam makalah diberikan keterangan halaman agar memudahkan pembaca menemukan bahan yang akan dibaca.

Daftar Tabel
Daftar tabel memuat informasi halaman pada tabel yang terdapat pada makalah agar memudahkan pembaca menemukan bahan yang akan dibaca.

Daftar Gambar
Daftar gambar memuat informasi halaman pada gambar yang terdapat pada makalah agar memudahkan pembaca menemukan bahan yang akan dibaca.

Bab 1 Pendahuluan
Pada bagian pendahuluan, sedikitnya terdiri dari 2 sub bab, yaitu:

- Latar Belakang
Latar belakang merupakan bahasan awal topik penelitian di dalam makalah yang disusun dari sudut pandang penulis. Pendahuluan tidak perlu ditulis secara luas, cukup cakupan luarnya saja asalkan sudah mencakup esensi umum dari makalah tersebut. Latar belakang dapat menjelaskan tentang pokok permasalahan yang diteliti dalam makalah.

- Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini menjelaskan tentang hasil apa yang ingin kita dapatkan dari penelitian yang telah kita lakukan.

Bab 2 Tinjauan Pustaka

- Kajian Pustaka
Kajian pustaka mendasarkan dirinya pada hasil-hasil penelitian terdahulu yang relevan dengan masalah yang sedang dikaji oleh peneliti. Hasil-hasil penelitian terdahulu dijadikan referensi untuk menentukan topik permasalahan, arah dan tujuan penelitian.

- Landasan Teori
Landasan teori adalah penjelasan yang kita ambil dari berbagai sumber untuk menjadi dasar dalam sebuah penelitian. Landasan teori ini diibaratkan sebagai pondasi ketika kita akan melakukan penelitian dalam sebuah makalah.

Bab 3 Metode Penelitian

- Alat dan Bahan
Pada bagian ini mencakup alat dan bahan yang kita gunakan untuk melakukan penelitian

- Alur Penelitian
Alur penelitian adalah langkah yang akan kita lakukan ketika penelitian

Bab 4 Hasil dan Pembahasan

- Hasil
Hasil yang dimaksud disini adalah hasil penelitian yang telah dilakukan.

- Pembahasan
Dari hasil penelitian, di bagian ini kita membahas mengapa didapatkan hasil demikian. Pembahasan ini didasarkan oleh landasan teori dan kajian pustaka yang telah dibahas sebelumnya.

Bab 5 Simpulan dan Saran

- Simpulan
Simpulan merupakan penjabaran dari hasil penelitian yang diperoleh. Simpulan bisa sesuai dengan hipotesa namun bisa juga tidak sesuai dengan hipotesa awal sehingga muncul sebuah kesimpulan baru dari rumusan masalah yang telah dijabarkan sebelumnya. Kesimpulan juga menjabarkan apakah penelitian yang dilakukan telah menjawab rumusan masalah atau masih diperlukan penelitian lanjutan.

- Saran
Saran lebih ditujukan penulis kepada pembaca. Saran diperoleh dari kesimpulan penelitian untuk lebih dikembangkan kembali, ditindaklanjuti, maupun diterapkan. Tujuan atau harapannya adalah agar pembaca mampu menerapkan atau menggunakan hasil dari penelitian yang telah dilakukan dalam aplikasinya secara langsung di masyarakat.

Daftar Pustaka
Daftar pustaka berisi daftar referensi-referensi yang dicantumkan atau dipergunakan dalam penyusunan makalah. Penulisan daftar pustaka harus disusun secara sistematis serta diurutkan secara sistematis berdasarkan abjad/alfabetis menurut nama pengarang.
Daftar pustaka terdiri atas nama pengarang, tahun terbit publikasi, judul publikasi, serta tempat terbit dan penerbit.

Lampiran
Lampiran ini berfungsi untuk memperjelas penelitian ataupun sebagai bukti bahwa kita telah melakukan penelitian. Biasanya pada lampiran dicantumkan beberapa foto ketika kita sedang melakukan penelitian.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi teman-teman yang sedang menyusun makalah. Semangaaat.

Comments