10 TIPS POWER POINT TERLIHAT KEREN



Power point adalah salah satu aplikasi dasar yang wajib kita kuasai. Aplikasi ini sering digunakan untuk presentasi. Bagi para pelajar, mahasiswa, pegawai, dan orang-orang yang berkecimpung pada suatu perusahaan, aplikasi ini terbilang sangat penting. Seperti namanya, yang seharusnya kita tulis pada power point adalah poin-poin pentingnya saja atau bisa juga kita katakan ringkasan dari suatu materi.

Untuk membuat power point, beda dengan kita membuat makalah. Power point ini harus memiliki unsur estetika didalamnya agar terlihat menarik dan tidak membuat audience bosan. Berikut ini adalah 10 tips membuat power point terlihat keren:

1.    Pilih tema sesuai materi
Sebelum kamu membuat sebuah power point, tentunya kamu harus memilih tema dahulu. Disini kamu harus menyesuaikan dengan materi yang nantinya akan kamu sampaikan. Jika materi yang ingin kamu sampaikan adalah tentang kemerdekaan, tidak mungkin kamu mengambil tema bunga-bunga. Untuk membuat sebuah power point memang sangat dibutuhkan imajinasi yang tinggi.

2.   Atur transparansi background
Setelah memilih tema, selanjutnya kita harus menentukan background. Disarankan memilih background yang polos  dan berwarna netral saja agar tulisan terlihat jelas. Tapi, jika ingin menggunakan background bergambar boleh saja asalkan atur transparansinya agar tulisan lebih fokus.

3.   Tulis hanya poinnya saja
Untuk menyuguhkan materi melalui power point berbeda dengan kita membuat makalah. Kita tidak perlu banyak menuliskan kata-kata didalamnya. Kita cukup menuliskan poin-poin penting saja, ditambah dengan sedikit pengertian dan contoh (jika diperlukan). Untuk penjelasan lebih detailnya dapat kita sampaikan ketika presentasi.

4.   Gunakan model huruf yang menarik dan beragam
Model huruf ini sangat menunjang keindahan power point. Penggunaan model huruf yang beragam akan menghindarkan dari rasa kantuk dan bosan ketika mendengarkan materi. Ada banyak model huruf yang tersedia pada aplikasi power point. Tapi, tetaplah selektif dalam memilih model huruf, karena ada beberapa huruf yang sulit untuk dibaca.

5.   Jangan gunakan font terlalu kecil
Selain pemilihan model huruf, kita juga bisa menentukan besar font yang kita inginkan. Disarankan memakai font >20. Font terlalu kecil akan menyulitkan audience untuk membaca dan memahami materi.

6.   Variasikan warna
Penggunaan warna yang menarik jua sangat menunjang keindahan power point. Tapi selektiflah memilih warna. Sesuaikan dengan warna background

7.   Variasikan bentuk pada setiap slide
Untuk menghindari kebosanan audience, kita bisa variasikan bentuk pada setiap slide. Kita bisa memilih berbagai desain bentuk pada menu “shape”.

8.   Beri animasi pada setiap tulisan
Kita bisa memilih berbagai animasi yang beragam untuk setiap tulisan pada menu “animations”.

9.   Pilih transisi untuk setiap slide
Transisi ini digunakan untuk memisahkan setiap slide.

10.Tambahkan foto, diagram, dan musik
Jika diperlukan, kita juga dapat menambahkan foto, diagram, maupun music pada power point kita. Tentunya ini akan membuat power point kita terlihat lebih menarik. Kita dapat menambahkannya melalui menu “insert”.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi teman-teman yang sedang menyusun materi untuk presentasi dan dapat menambah pengetahuan kita bersama.

Comments