7 ETIKA PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI



Etika adalah pijakan atau patokan yang harus ditaati. Sedangkan teknologi informasi adalah sesuatu yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan mengomunikasikan, dan menyimpan informasi. Jadi, dapat kita simpulkan bahwa etika penggunaan teknologi informasi adalah pijakan atau patokan yang harus ditaati untuk melakukan proses pengembangan, pemapanan dan juga untuk menyusun instrumen.

Seperti yang kita ketahui, perkembangan dunia teknologi dan informasi berlangsung sangat cepat. Dengan pekembangan tersebut diharapkan akan dapat mempertahankan dan meningkatkan taraf hidup manusia. Banyak hal yang menggiurkan manusia untuk dapat sukses dalam bidang IT tetapi tidak cukup dengan mengandalkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, manusia juga harus menghayati secara mendalam kode etik ilmu, teknologi dan kehidupan. Seiring berkembangnya teknologi, teknologi mengambil alih fungsi mental manusia. Pada saat yang sama terjadi kerugian yang diakibatkan oleh hilangnya fungsi tersebut dari kerja mental manusia. Perubahan yang terjadi pada cara berfikir manusia sebagai akibat perkembangan teknologi sedikit banyak berpengaruh terhadap pelaksanaan dan cara pandang manusia terhadap etika dan norma dalam kehidupannya.

Perkembangan teknologi yang sangat pesat akan diiringi oleh kemudahan masyarakat mendapatkan informasi secara cepat dan akurat. Hal ini selain membawa dampak positif bagi kehidupan, juga membawa dampak negatif. Seperti mudahnya orang membuat dan menyebarkan artikel di internet yang kita sendiri tidak dapat memastikan kebenarannya. Artikel tersebut dapat diakses oleh siapapun, kapanpun, dan dimanapun. Konten youtube pun banyak yang menyimpang dari etika penggunaan teknologi informasi. Masyarakat tidak dapat membatasi penggunaan youtube anak dibawah umur. Terlebih orang tua tidak bisa mengawasi kegiatan anaknya selama 24 jam. Mayoritas orang tua di era ini memberikan akses internet kepada anaknya, walaupun umur anak tersebut terbilang masih dibawah umur. Hal tersebut dilakukan para orang tua dengan alasan dapat menenangkan anaknya.
Untuk menciptakan teknologi informasi yang positif, tentunya kita sebagai pengguna teknologi informasi harus menggunakannya dengan mengindahkan kaidah dan etika yang ada. Etika teknologi informasi tersebut, diantaranya:
1.    Menggunakan fasilitas teknologi informasi hanya untuk melakukan hal yang bermanfaat
2.   Tidak memasuki sistem informasi orang lain secara illegal dan tanpa izin
3.   Tidak memberikan user ID dan password kepada orang lain untuk masuk ke dalam sebuah sistem. Tidak diperkenankan pula untuk menggunakan user ID orang lain untuk masuk ke sebuah sistem
4.   Tidak mengganggu dan atau merusak sistem informasi orang lain dengan cara apa pun
5.   Menggunakan alat pendukung teknologi informasi dengan bijaksana dan merawatnya dengan baik
6.   Tidak menggunakan teknologi informasi dalam melakukan perbuatan yang melanggar hukum dan norma-norma yang berlaku di masyarakat
7.   Tetap bersikap sopan dan santun walaupun tidak bertatap muka secara langsung

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi teman-teman semua.

Comments