3 BIDANG MULTIMEDIA UNTUK KAMU YANG PUNYA JIWA SENI






Sebelum kita membahas berbagai bidang multimedia, tentunya kita harus tahu dulu apa sih multimedia itu? Kata multi sendiri berasal dari bahasa Latin yaitu “multus” yang memiliki arti banyak atau beragam. Sedangkan kata media pun berasal dari bahasa Latin yaitu “medium” yang memiliki arti tengah atau belakangan ini sering disebut perantara. Dari kedua pengertian tersebut, kita dapat menyimpulkan bahwa multimedia (“multiple intermediaries” or “multiple”) memiliki arti beberapa perantara.

Multimedia merupakan kombinasi dari teks, foto, seni grafis,suara, animasi, dan elemen video yang dimanipulasi secara digital. Produksi multimedia memerlukan kreativitas, kemampuan teknis, organisasi, dan bisnis. Yang tidak kalah penting, kalian harus memiliki semangat belajar yang tinggi. Kita tahu bahwa dari tahun ke tahun, teknologi berkembang sangat pesat. Semakin pesatnya perkembangan teknologi, semakin mempermudah kita untuk mengakses berbagai informasi. Namun, berarti kita juga harus banyak belajar untuk itu.       

Untuk kamu yang mempunyai jiwa seni maupun jiwa bisnis, tentunya kegiatan ini akan sangat menyenangkan. Untuk yang hobi dalam bidang multimedia, jangan biarkan hobi tersebut menjadi sekedar hobi. Banyak loh pekerjaan yang bisa kita  geluti dari hobi tersebut. Beberapa diantaranya, akan dijelaskan disini.

1.     Manajer Proyek
      Manajer proyek ini bisa dikatakan sebagai ketua pada suatu proyek. Manajer proyek bertanggung jawab untuk keseluruhan pengembangan dan implementasi proyek seperti biaya dan jadwal. Kompetensi yang harus dimiliki seorang manajer proyek, diantaranya:
  •   Harus ahli dan berpengalaman dalam menangani proyek yang kompleks
  •   Harus ahli dan berpengalaman dalam media interaktif
  •   Harus memiliki pemahaman tentang desain antar muka
  •  Memiliki keahlian berkomunikasi
  •  Memiliki perhatian lebih detail dan memiliki kemampuan untuk mengkoordinasi informasi     dalam jumlah banyak      

                                                                      
2.     Desainer Multimedia
        Desainer multimedia ini harus punya keahlian khusus nih. Seorang desainer multimedia harus mampu melihat keseluruhan isi proyek, menciptakan struktur untuk isi, menentukan desain element yang diperlukan untuk mendukung struktur tersebut dan memutusklan media mana yang sesuai untuk mempresentasikan setiap isi. Keahlian lain yang harus dimiliki oleh desainer multimedia, diantaranya:
  •   Harus berpengalaman dalam men desain sistem informasi besar atau sistem periklanan
  •  Harus berpengalaman dalam menciptakan aliran sistem dan arsitektur program
  •  Harus memiliki keterampilan organisasi yang baik danm perhatian terhadap detail


3.     Desainer Antar Muka
           Desainer antar muka adalah orang yang menciptakan perangkat lunak yang mengorganisasikan isi multimedia, mengizinkan pengguna untuk mengakses dan memodifikasi isinya dan yang menampilkan isinya pada layar. Keahlian yang harus dimiliki seorang desainer antar muka, diantaranya:
  •          Harus berpengalaman dalam desain grafis
  •      Harus berpengalaman dalam animasi
  •      Harus berpengalaman dalam video grafis dan editing

            Nah, itulah beberapa bidang multimedia yang bisa jadi opsi masa depan kamu nanti. Harus menata masa depan dari sekarang ya. Jangan lupa terus belajar.


Comments