4 BIDANG PENGAPLIKASIAN IMK


Sebelum kita membahas apa sih IMK itu, kita bahas dulu sejarahnya ya biar teman-teman semakin paham. Pada tahun 1970 mulai dikenal istilah antarmuka pengguna (user interface), yang juga dikenal dengan istilah Man-Machine Interface (MMI), dan mulai menjadi topik perhatian bagi peneliti dan perancang sistem. Nah, seiring perkembangan tersebut, perusahaan komputer mulai memikirkan aspek fisik dari antarmuka pengguna sebagai faktor penentu keberhasilan dalam pemasaran produknya. Dikatakan sebagai penentu keberhasilan bukan asal ngomong aja. Ini sudah ada surveynya loh. Logikanya aja ya. Kita pasti lebih memilih mendownload dan memakai aplikasi yang terlihat Indah dan mudah digunakan daripada aplikasi yang tampilannya kurang menarik, apalagi kalau susah digunakan.

Sedangkan istilah human-computer interaction (HCI) sendiri mulai muncul pertengahan tahun 1980-an sebagai bidang studi yang baru. Cocok nih buat yang mau terjun jadi UI/UX. Istilah human-computer interaction (HCI) mengisyaratkan bahwa bidang studi ini mempunyai fokus yang lebih luas, tidak hanya sekedar perancangan antarmuka secara fisik.

Kalau kalian berfikir IMK ini hanya berfokus pada aplikasi saja. Kalian salah. Aplikasi ini juga digunakan untuk berbagai bidang, diantaranya:

·      Perbankan



Tanpa kita sadari, ATM yang sering kita gunakan merupakan bagian dari IMK juga loh.

·      Kesehatan

Pada bidang kedokteran IMK juga banyak berperan, seperti Sistem pakar, Operasi medis menggunakan bantuan laser,dsb. Mesin yang telah di desain (coding) sedemikian rupa akan di jalankan untuk melakukan operasi. Input yang dilakukan dokter ini akan di terima oleh mesin  dan akan langsung segera di lakukan pembedahan. Wah canggih banget ya jaman now.

·      Bidang Pendidikan


Fyi ,IMK ini sangat bermanfaat untuk masyarakat luas. IMK ini dimanfaatkan untuk ujian berbasis nasional. Temen-temen yang anak kelahiran 2000-an pasti sudah pernah merasakan Ujian Nasional pake laptop kan? Ternyata keindahan tampilan dan kemudahan kita mengakses itu karena IMK ini. Makasih banget lah buat yang bikin IMK. Belajar melalui platform online seperti ‘ruang guru’ juga menggunakan IMK agar tidak membosankan bagi pelajar. Pengisian KRS juga ternyata ada konsep IMK nya loh. IMK inilah yang membuat kita mudah mendapatkan informasi.

·      Keseharian

Nah, untuk bidang keseharian ini, pasti temen-temen banyak pada gak sadar deh. Pemesanan ojek online melalui aplikasi Gojek dan Grab yang sering kita gunakan itu juga menggunakan konsep IMK juga. Makanya tampilannya bisa se-ciamik itu. Sekarang kan ojek online makin menjamur ya. Makanya, salh satu upaya perusahaan untuk memenangkan persaingan adalah dengan memperindah tampilan yang pastinya akan menarik para pelanggan.

Kalau disebutkan, sebenarnya masih banyak lagi penerapan IMK. Pokoknya aplikasi atau website apapun itu pasti pakai konsep IMK. Tidak mungkin sebuah aplikasi ataupun website lempeng aja. Hidup aja berwarna, masa aplikasi sama website enggak.


Comments