- Get link
- X
- Other Apps
- Get link
- X
- Other Apps
Animasi
adalah urutan frame yang ketika diputar dalam rangka dengan kecepatan yang
cukup, dapat menyajikan gambar bergerak lancar seperti sebuah film atau video. Animasi
dapat juga diartikan dengan menghidupkan gambar, sehingga anda perlu mengetahui
dengan pasti setiap detail karakter kita, mulai dari tampak (depan, belakang, 3⁄4 dan samping) detail muka si
karakter dalam berbagai ekspresi (normal, diam, marah, senyum, ketawa, kesal,
dan lainnya.) lalu pose/gaya khas karakter bila sedang melakukan kegiatan
tertentu yang menjadi ciri khas si karakter tersebut.
Animasi
terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu:
1.
Animasi 2D
Animasi
2D adalah penciptaan gambar bergerak dalam lingkungan dua dimensi. Hal ini
dilakukan dengan urutan gambar berturut-turut, atau "frame", yang mensimulasikan
gerak oleh setiap gambar menunjukkan berikutnya dalam perkembangan bertahap
langkah-langkah. Animasi 2D dibagi lagi menjadi 2 tipe, yaitu:
· Animasi
Cel
Animasi Cel berasal dari kata “celluloid”, yaitu bahan dasar dalam
pembuatan animasi jenis ini ketika tahun-tahun awal adanya animasi. Animasi cel
merupakan lembaran-lembaran yang membentuk animasi tunggal, masing-masing cel
merupakan bagian yang terpisah sebagai objek animasi. misalnya ada tiga buah
animasi cel, cel pertama berisi satu animasi karakter, cel kedua berisi animasi
karakter lain, dan cel terakhir berisi latar animasi. Ketiga animasi cel ini
akan disusun berjajar, sehingga ketika dijalankan animasinya secara bersamaan,
terlihat seperti satu kesatuan. Contoh animasi jenis ini adalah film kartun
seperti Tom and Jerry, Mickey Mouse dan Detectif Conan.
· Path
animasi
Animasi Path adalah animasi dari objek yang gerakannya
mengikuti garis lintasan yang sudah ditentukan. Contoh animasi jenis ini adalah
animasi kereta api yang bergerak mengikuti lintasan rel. Biasanya dalam animasi
path diberi perulangan animasi, sehingga animasi terus berulang hingga mencapai
kondisi tertentu. Dalam Macromedia Flash, animasi jenis ini didapatkan dengan
teknik animasi path, teknik ini menggunakan layer tersendiri yang didefinisikan
sebagai lintasan gerakan objek.
2.
Animasi 3D
Animasi
3D adalah objek animasi yang berada pada
ruang 3D. Objek animasi ini dapat
dirotasi dan berpindah seperti objek riil. Proses pembuatan grafis komputer 3D
dapat dibagi secara sekuens menjadi 3 fase dasar:
· Modeling
Yaitu proses
menyusun bentuk sebuah objek dengan membuat kontur yang luas dan struktur dari
objek 3D dan adegan.
· Animation
Yaitu proses
mendefinisikan perpindahan objek.
· Rendering
Yaitu proses
mengeneralisasi sebuah gambar dari sebuah model dengan memberikan atribut objek
seperti warna, tekstur permukaan dan kadar transparansi dengan menggunakan program
komputer.
3.
Animasi Motion Graphic
Motion
graphic merupakan metode untuk menjadikan animasi 3d menjadi hidup dan bergerak.
Motion graphic seringkali digunakan juga untuk menggerakkan kata (typographic)
dan logo untuk tujuan pengiklanan.
Kemampuan
yang dibutuhkan di motion graphic berbeda dengan animasi-animasi sebelumnya,
namun ada beberapa ilmu yang sama di motion graphic, seperti komposisi
pergerakan dan camera graphic.
4.
Animasi Stop Motion
Animasi Stop Motion adalah
teknik animasi yang dibuat dengan menghubungkan urutan frame yang difoto secara
individual. Objek dipindahkan secara bertahap di banyak bingkai, menciptakan
ilusi bahwa mereka bergerak secara independen ketika bingkai dirangkai.
Itulah 4
jenis animasi yang ada di era sekarang. Bisa saja beberapa tahun lagi animasi
akan berkembang lagi. Maka kita milenial harus selalu mencari informasi dan
terus belajar kapanpun dan dimanapun.
Comments
Post a Comment