- Get link
- X
- Other Apps
- Get link
- X
- Other Apps
Pengguna (user)
merupakan orang yang menggunakan komputer atau disebut juga Brainware. Kamu
bisa membaca macam-macam pengguna pada artikel ini https://www.indahrafiqa.com/2019/09/berbagai-profesi-yang-bisa-kamu-geluti.html
Sebelum membuat aplikasi, tentu kita
harus merancangnya terlebih dahulu. Kamu bisa membaca artikel tahapan pembuatan
aplikasi disini https://www.indahrafiqa.com/2020/02/3-tahapan-pembuatan-aplikasi-yang-mudah.html.
Namun,
sebelum melakukan perancangan aplikasi, sebaiknya kita menentukan target
pengguna dahulu. Selera dan minat anak-anak tentu berbeda dengan orang dewasa.
Begitu pula, selera laki-laki tentu berbeda dengan perempuan.
Kita bisa menentukan target pengguna
aplikasi dengan mengkategorikannya. Kita
bisa mengkategorikan pengguna menjadi 6 aspek, diantaranya:
1. Berdasarkan Usia
• Umur 5-9 tahun
• Umur 10-14 tahun
• Umur 15-18 tahun
• Umur 18-24 tahun
• Umur 25-34 tahun
• Umur 35-44 tahun
• Umur 45-54 tahun
• Umur 55-64 tahun
• Umur 65+ tahun
Setiap rentang
umur tentunya memiliki karakter yang berbeda. Untuk umur 5-9 Tahun, kita bisa
menggunakan banyak icon pada tombol, tulisan yang singkat, dan background yang
colorful. Untuk umur 15-18 Tahun, kita bisa menggunakan wallpaper yang lebih
simple dan font medium. Sedangkan Untuk umur 35 keatas, kita bisa menggunakan
font yang lebih besar, karena semakin tua cenderung penglihatannya berkurang.
2. Berdasarkan Jenis
kelamin
• Laki-laki
• Perempuan
Jika kita ingin
membuat aplikasi yang ditujukan untuk laki-laki, kita dapat membuat aplikasi
yang simple dan memakai warna-warna basic atau monochrome, seperti: hitam,
putih, dan navy. Berbeda dengan laki-laki, perempuan cenderung lebih kompleks.
Jadi, jika ingin membuat aplikasi untuk perempuan, kita harus membuat aplikasi
yang lebih berwarna. Nah, jika ingin membuat aplikasi yang general gimana dong?
Gampang, diimbangkan saja selera kedua gender tersebut. Jangan memilih warna monochrome
ataupun warna yang terlalu terang. Pilihlah warna-warna nude dan sekunder,
seperti: army, tosca, dan milo.
3. Berdasarkan
Geografis
Untuk aspek
geografis, dibagi lagi menjadi 3 yaitu:
• Bahasa
Jika kita akan
membuat aplikasi yang ditujukan untuk daerah tertentu, kita bisa buat menggunakan
bahasa daerah ataupun kita bisa juga membuat pilihan bahasa. Jadi, pengguna
bisa memilih antara bahasa daerah maupun bahasa Indonesia.
Jika aplikasi yang
akan kita buat terbatas di Indonesia. Tentunya kita harus membuat aplikasi
berbahasa Indonesia. Sedangkan jika kita membuat aplikasi yang tidak dibatasi
geografis, kita bisa menggunakan bahasa Inggris ataupun membuat pilihan
berbagai bahasa. Pilihan berbagai bahasa akan memberikan kesan menarik bagi
pengguna
• Lokasi
Kita harus
menentukan target lokasi tempat pengguna juga. Jika target kita adalah
masyarakat pedesaan, kita tidak boleh memasukkan konten yang terlalu berat,
seperti video dengan durasi panjang. Jaringan di pedesaan cenderung tidak lebih
kuat dari jaringan di kota.
• Kebiasaan
Jika kita membuat
aplikasi untuk masyarakat Indonesia, sebaiknya kita membuat tombol-tombol di
bagian kanan. Hal itu dikarenakan mayoritas masyarakat Indonesia dominan tangan
kanan.
4. Berdasarkan Minat
• Food Enthusiasts
• Book Lovers
• TV Lovers
• Movie Lovers
• Music Lovers
• Shoppers
• Dan masih banyak lagi
Salah satu cara
mendapatkan minat seorang music lovers adalah dengan menambahkan musik atau
suara ketika pengguna tersebut meng-klik tombol. Kita juga bisa menambahkan
foto makanan untuk mendapatkan respect dari food anthusiast
5. Berdasarkan
Teknologi
• PC/Laptop/Smartphone
• Windows 10/Linux/Mac OS
• iOS/Android/Feature Phone
• Web/Aplikasi
• Chrome/Safari/Firefox/Opera/UC
• 2G/3.5G/4G/Wifi
Sebelum membuat
aplikasi, kita harus menentukan aplikasi ini berbasis mobile/pc. Karena kita
harus mempertimbangkan tampilannya.
6. Berdasarkan
Profesi
• Dokter
• Guru
• Programmer
• Pilot
• Supir
• Dan masih banyak lagi
Jika kita membuat
aplikasi yang ditujukan untuk guru, kita harus membuat aplikasi yang lebih
menekankan pada ilmu pengetahuan dan tampilan yang artistik. Sedangkan jika
aplikasi tersebut ditujukan untuk programmer, kita bisa membuat aplikasi yang
lebih simple, karena biasanya programmer tidak memperlukan tampilan yang
terlalu mencolok.
Itulah beberapa
kategori pengguna. Sebenarnya kita bisa mengkategorikannya lebih banyak lagi.
Tapi, semakin banyak kategori, tentunya kita membutuhkan riset yang lebih lama.
Nah, kalau sudah menentukan target
pengguna, jangan lupa minta pendapat orang di sekitar kita ya.
Comments
Post a Comment