CARA MENENTUKAN TARGET PENGGUNA APLIKASI





Pengguna (user) merupakan orang yang menggunakan komputer atau disebut juga Brainware. Kamu bisa membaca macam-macam pengguna pada artikel ini https://www.indahrafiqa.com/2019/09/berbagai-profesi-yang-bisa-kamu-geluti.html

          Sebelum membuat aplikasi, tentu kita harus merancangnya terlebih dahulu. Kamu bisa membaca artikel tahapan pembuatan aplikasi disini https://www.indahrafiqa.com/2020/02/3-tahapan-pembuatan-aplikasi-yang-mudah.html. Namun, sebelum melakukan perancangan aplikasi, sebaiknya kita menentukan target pengguna dahulu. Selera dan minat anak-anak tentu berbeda dengan orang dewasa. Begitu pula, selera laki-laki tentu berbeda dengan perempuan.

          Kita bisa menentukan target pengguna aplikasi  dengan mengkategorikannya. Kita bisa mengkategorikan pengguna menjadi 6 aspek, diantaranya:

1.      Berdasarkan Usia
• Umur 5-9 tahun
• Umur 10-14 tahun
• Umur 15-18 tahun
• Umur 18-24 tahun
• Umur 25-34 tahun
• Umur 35-44 tahun
• Umur 45-54 tahun
• Umur 55-64 tahun
• Umur 65+ tahun
Setiap rentang umur tentunya memiliki karakter yang berbeda. Untuk umur 5-9 Tahun, kita bisa menggunakan banyak icon pada tombol, tulisan yang singkat, dan background yang colorful. Untuk umur 15-18 Tahun, kita bisa menggunakan wallpaper yang lebih simple dan font medium. Sedangkan Untuk umur 35 keatas, kita bisa menggunakan font yang lebih besar, karena semakin tua cenderung penglihatannya berkurang.

2.     Berdasarkan Jenis kelamin
• Laki-laki
• Perempuan
Jika kita ingin membuat aplikasi yang ditujukan untuk laki-laki, kita dapat membuat aplikasi yang simple dan memakai warna-warna basic atau monochrome, seperti: hitam, putih, dan navy. Berbeda dengan laki-laki, perempuan cenderung lebih kompleks. Jadi, jika ingin membuat aplikasi untuk perempuan, kita harus membuat aplikasi yang lebih berwarna. Nah, jika ingin membuat aplikasi yang general gimana dong? Gampang, diimbangkan saja selera kedua gender tersebut. Jangan memilih warna monochrome ataupun warna yang terlalu terang. Pilihlah warna-warna nude dan sekunder, seperti: army, tosca, dan milo.

3.     Berdasarkan Geografis
Untuk aspek geografis, dibagi lagi menjadi 3 yaitu:

• Bahasa
Jika kita akan membuat aplikasi yang ditujukan untuk daerah tertentu, kita bisa buat menggunakan bahasa daerah ataupun kita bisa juga membuat pilihan bahasa. Jadi, pengguna bisa memilih antara bahasa daerah maupun bahasa Indonesia.
Jika aplikasi yang akan kita buat terbatas di Indonesia. Tentunya kita harus membuat aplikasi berbahasa Indonesia. Sedangkan jika kita membuat aplikasi yang tidak dibatasi geografis, kita bisa menggunakan bahasa Inggris ataupun membuat pilihan berbagai bahasa. Pilihan berbagai bahasa akan memberikan kesan menarik bagi pengguna

• Lokasi
Kita harus menentukan target lokasi tempat pengguna juga. Jika target kita adalah masyarakat pedesaan, kita tidak boleh memasukkan konten yang terlalu berat, seperti video dengan durasi panjang. Jaringan di pedesaan cenderung tidak lebih kuat dari jaringan di kota.

• Kebiasaan
Jika kita membuat aplikasi untuk masyarakat Indonesia, sebaiknya kita membuat tombol-tombol di bagian kanan. Hal itu dikarenakan mayoritas masyarakat Indonesia dominan tangan kanan.

4.     Berdasarkan Minat
• Food Enthusiasts
• Book Lovers
• TV Lovers
• Movie Lovers
• Music Lovers
• Shoppers
• Dan masih banyak lagi
Salah satu cara mendapatkan minat seorang music lovers adalah dengan menambahkan musik atau suara ketika pengguna tersebut meng-klik tombol. Kita juga bisa menambahkan foto makanan untuk mendapatkan respect dari food anthusiast

5.     Berdasarkan Teknologi
• PC/Laptop/Smartphone
• Windows 10/Linux/Mac OS
• iOS/Android/Feature Phone
• Web/Aplikasi
• Chrome/Safari/Firefox/Opera/UC
• 2G/3.5G/4G/Wifi
Sebelum membuat aplikasi, kita harus menentukan aplikasi ini berbasis mobile/pc. Karena kita harus mempertimbangkan tampilannya.

6.     Berdasarkan Profesi
• Dokter
• Guru
• Programmer
• Pilot
• Supir
• Dan masih banyak lagi

Jika kita membuat aplikasi yang ditujukan untuk guru, kita harus membuat aplikasi yang lebih menekankan pada ilmu pengetahuan dan tampilan yang artistik. Sedangkan jika aplikasi tersebut ditujukan untuk programmer, kita bisa membuat aplikasi yang lebih simple, karena biasanya programmer tidak memperlukan tampilan yang terlalu  mencolok.

Itulah beberapa kategori pengguna. Sebenarnya kita bisa mengkategorikannya lebih banyak lagi. Tapi, semakin banyak kategori, tentunya kita membutuhkan riset yang lebih lama.

Nah, kalau sudah menentukan target pengguna, jangan lupa minta pendapat orang di sekitar kita ya.

Comments