FUNGSI, KELEBIHAN, DAN KEKURANGAN VIDEO




Video adalah teknologi untuk menangkap, merekam, memproses, mentransmisikan dan menata ulang gambar bergerak. Video biasanya disertai dengan suara ataupun musik. Sedangkan digital video adalah proses digitalisasi dari signal video analog menjadi format angka. Hal ini akan membuat ilusi dari gerakan yang ditampilkan oleh urutan cepat perubahan gambar ke layar.

Video memiliki banyak fungsi, diantaranya:
1.      Menyampaikan Informasi
Informasi - informasi yang disampaikan bisa bersifat  biasa, penting, atau bahkan rahasia.
2.     Sebagai media presentasi
Presentasi dalam bentuk video dapat mempengaruhi orang lain untuk  melakukan sesuatu.
3.     Sebagai media pembelajaran
Proses pembelajaran yang menggunakan video sebagai media pembelajarannya tentu akan membuat suatu pelajaran terasa lebih menarik dan membuat siswa/siswi semakin antusias mengikuti pembelajaran
4.     Memotivasi dan Menginspirasi Pendengar
Seringkali para motivator menggunakan video sebagai medianya. Video dianggap sangat efektif untuk mengaduk-aduk emosi pendengar., mulai dari semangat, kemarahan, hingga kesedihan. Dengan tambahna music yang mendukung, video motivasi tentunya akan semakin mempengaruhi pendengar. Presentasi video turut mendukung memberi arahan, bimbingan, memotivasi dan menginspirasi pendengar untuk melakukan suatu tindakan.
5.     Sebagai media promosi
Promosi yang menarik tentunya sangat dibutuhkan di era digital yang persaingganya semakin ketat. Hal ini biasanya bersangkutan dengan perusahaan atau individu yang ingin mempromosikan suatu produk tertentu. Hadirnya video akan membuat konsumen lebih mudah untuk mengetahui produk yang dijual.
6.     Sebagai media memperkenalkan diri/organisasi/perusahaan
   Presentasi dengan tujuan memperkenalkan diri, biasa digunakan ketika ingin memperkenalkan Suatu diri/Perusahaan
7.    Sebagai dokumentasi
Selain foto, video juga bisa digunakan untuk mendokumentasikan suatu momen. Kumpulan foto yang disertai dengan music tentunya akan menggali memori masa lalu kita kembali.
8.     Sebagai media pembelajaran
Proses pembelajaran yang menggunakan video sebagai media pembelajarannya tentu akan membuat suatu pelajaran terasa lebih menarik dan membuat siswa/siswi semakin antusias mengikuti pembelajaran
9.     Untuk kebutuhan Televisi
Disadari atau tidak, acara televise yang selama ini kita lihat adalah termasuk video juga.
10.  Untuk kepentingan produksi film
Film yang selama ini kita tonton merupakan video juga. Video tersebut diedit sedemikian rupa dengan teknik khusus agar penontonnya merasa keaslian cerita yang disajikan.

Selain fungsi yang beragam tersebut, video juga mempunyai kelebihan dan kekurangan  loh. Berikut akan dijabarkan kekurangan dan kelebihannya.

1.      Kelebihan:
• Menambah semangat bagi yang melihat
• Menambah perhatian
• Mengklarifikasikan aksi fisikal yang kompleks
• Dapat menggabungkan media lainnya.

2.     Kekurangan:
• Sangat mahal untuk diproduksi
• Membutuhkan memori dan penyimpanan tambahan
• Membutuhkan peralatan special
• Tidak secara efektif menggambarkan konsep abstrak

Nah, itulah beberapa fungsi, keuntungan, dan kerugian video. Kita harus dapat mengoptimalkan segala fungsi video yang pastinya akan memudahkan dan membantu kehidupan kita.


Comments