10 CARA MUDAH MENDESAIN FONT BUATAN SENDIRI



Desain berarti proses untuk membuat atau menciptakan objek baru. Sedangkan teks berarti serangkaian karakter yang disampaikan dalam bentuk tertulis. Jadi, desain teks adalah proses dalam merangkai karakter dalam bentuk tertulis. Untuk membuat teks, tentunya kita harus memilih font yang sesuai. Sekarang ini telah banyak sekali font yang tersedia. Banyak sekali font yang dapat kita pilih. Tentunya kita harus memilih font yang sesuai dengan teks yang akan kita buat. Ada berbagai jenis font yang beredar sekarang. Ada font yang formal, informal, dramatis, gaul, artistik, dan masih banyak lagi. Pernah gak sih terpikir bagaimana ya cara membuat font sebagus itu? Nah kalau kalian memiliki pertanyaan seperti itu, kalian mampir di blog yang tepat. Disini akan dijelaskan step by step cara desain font sendiri.  
Sebelum masuk ke step pembuatan font. Siapin alat dan bahannya dulu ya.
1.       Laptop/PC tentunya
Laptop/PC ini adalah alat utama dalam membuat font. Jadi jangan sampai nggak ada ya.
2.     Printer
Nah, printer disini berfungsi untuk print dan scan gambar media untuk membuat font yang sudah di download.
3.     Scanner/Handphone
Jika print kalian tidak ada fitur scan. Kalian bisa menggunakan scanner atau bisa jugan men-scan menggunakan handphone melalui aplikasi CamScanner.
4.    WIFI/Data Seluler
Pastiin Laptop/PC kalian terhubung ke internet ya.

Setelah alat dan bahan disiapkan. Oke deh. Let’s check the step.
    1.       Buka link
    2.     Login
Nah, disini kalian harus login dulu dengan cara memasukkan email dan password.
    3.     Download template
Nah, setelah berhasil masuk. Kalian harus download template dulu. Pilih TEMPLATE lalu pilih bahasa pada font. Disini kita dapat memilih bahasa pada font. Untuk kita orang Indonesia, pilih saja minimal English karena font Indonesia dan Inggris sebenarnya sama, yang membedakan hanya bahasanya saja. Pilih juga minimal number dan minimal punctuation agar font kita bukan hanya terdiri dari huruf, namun terdiri dari angka dan tanda baca juga. Jika kalian sudah benar dalam mengikuti tutorial ini, kalian akan mendapatkan 75 karakter pada template kalian (karena free version). Namun jika kalian merasa karakter tersebut masih kurang, kalian bisa upgrade. Setelah semua karakter didapatkan, waktunya download template. Klik download template dengan format file PDF. Tunggu sebentar, dan template nya akan kalian dapatkan.
Untuk mempersingkat pekerjaan, kalian bisa download template ini.


    4.    Print template
Setelah mendapatkan file template, silahkan print template tersebut.
    5.     Mengisi font pada setiap kotak yang tertera pada template
Setelah di print, silahkan kalian tulis huruf, angka, dan tanda baca versi kalian sendiri pada kotak yang tersedia. Menulisnya harus dengan ukuran yang sama ya. Jangan ada coret-coret juga.
    6.     Scan
Jika telah selesai ditulis semuanya, saatnya men-scan hasil tulisan tangan kalian sendiri. Menarik ya. Disini kalian bisa memilih untuk menggunakan printer, scanner atau handphone. Jangan lupa save dalam format JPEG ya. Tunggu proses scan, daaaaaaan scan selesai.
    7.     Upload template
Setelah selesai scan, kalian masuk lagi ke website. Klik MYFONTS, kemudian Upload Template. Pilih template yang telah kalian scan tadi. Kemudian klik UPLOAD TEMPLATE. Lalu tunggu beberapa saat, dan kalian akan lihat karakter tulisan tangan kalian ada di layar Laptop/PC. Kalian bisa memasukkan karakter tersebut ke font.
    8.     Edit Karakter
Kita edit karakternya dulu ya, agar memiliki size yang sama. Caranya adalah dengan meng-klik karakter yang akan diubah, kemudian klik ADJUST BASELINE SIZE. Disini kita bisa menambah atau mengrangi besar-kecil atau tinggi-pendeknya karakter dengan mengatur Adjust Size-nya.
    9.     Save Karakter menjadi font
Setelah selesai mengedit karakter, klik Build Font. Beri nama font kalian, kemudian klik BUILD. Disini kalian bisa melihat preview font kalian. Font ini akan tersimpan dalam format *.tff
   10.   Memindahkan font ke Laptop/PC
Disini kalian hanya tinggal perlu drag file pada website ke desktop.
Klik kanan pada file tersebut, lalu install. Font buatan kalian akan otomatis masuk ke PC/Laptop. Untuk menggunakan fontnya, silahkan search nama font kalian.

Nah, sekarang kalian dapat menggunakan font buatan kalian sendiri. Gampang kan? Happy trying guys!



Comments