4 ALASAN MENGAPA USER EXPERIENCE (UX) ITU PENTING


User Experience adalah bagaimana seorang pengguna internet mengakses aplikasi maupun website, suatu pengalaman yang mereka dapatkan dari aplikasi ataupun website tersebut. Contoh User Experience adalah mengeksplorasi semua fitur dan tampilan aplikasi maupun website-nya. User Experience ini juga biasa disebut dengan singkatan UX yang dalam bahasa Indonesia disebut sebagai pengalaman pengguna. UX ini terbilang sangat penting. Mengapa sih UX penting. Berikt ini akan dijabarkan alasannya:

 

1.      Mempermudah aktivitas user

Memahami kebutuhan user dengan baik dapat membantu kita mendapatkan kunci dari keberhasilan sebuah aplikasi maupun website. Produk yang didesain dengan memperhatikan UX akan membuat penggunanya mendapatkan pengalaman baru saat mengeksplorasi produk tersebut. Membuat sebuah produk tidak hanya soal menambahkan fitur, tetapi juga bagaimana membuat fitur itu bekerja sesuai fungsi yang diinginkan oleh pengguna. Dengan berpusat pada kebutuhan dan keinginan pengguna, kita bisa menghasilkan produk yang bermanfaat, mudah digunakan, efisien sekaligus menyenangkan.

 

2.     Membuat user nyaman

Emosi berperan penting dalam user experience. Jika user menyukai interface produk kita, maka mereka pun akan cenderung untuk menghabiskan waktu yang lebih lama pada produk yang kita  buat. Interface yang memudahkan interaksi juga memudahkan user untuk membagikan halaman aplikasi atau website kita dengan keluarga dan teman. Emosi dan viralnya produk melalui social media dan mulut ke mulut merupakan cara bagaimana suatu bisnis dapat berkembang. Kita bisa lihat betapa banyaknya user yang menginstall aplikasi game Worms Zone karena viralnya aplikasi tersebut di kalangan remaja hingga dewasa di Indonesia.

 

3.     Meningkatkan Kepuasan User

Jika produk yang dibangun sesuai dengan kebutuhan pasar, tentunya user akan merasa terpenuhi kebutuhan dan ekspektasinya. Bukan tidak mungkin mereka akan tetap menggunakan produk kita yang dinilai dapat memenuhi kedua aspek tadi. Jadi, pentingnya membangun User Experience yang sesuai dengan kebutuhan pasar akan menentukan kualitas produk itu sendiri. Jadi, jangan hanya karena "trend" maka produk secara sembarangan dibangun. Yang terjadi malah produk tersebut menjadi produk sampah yang tidak fungsional.

Sebaliknya, jika produk yang kita bangun tidak sesuai kebutuhan pasar, maka kemngkinan besar user akan meng-uninstall aplikasi buatan kita atau tidak akan kembali ke laman website yang kita buat. Jadi, untuk memperhatikan user experience, analisa kebutuhan pasar itu penting sebelum kita membuat sebuah produk.

 

4.     Mengetahui kebutuhan user

Salah satu keunggulan produk yang dibuat berdasarkan konsep UX ialah dapat menjawab kebutuhan dari penggunanya. Sebab, dalam proses pembuatan produk tersebut, tentunya kita harus melakukan riset akan kebutuhan seorang user saat menggunakan suatu produk. Dari hasil riset itulah yang akan menjadi acuan kita dalam mendesain produk. Mulai dari tampilannya hingga fitur-fiturnya. Dengan begitu, saat produk digunakan oleh penggunannya maka secara otomatis produk kita bisa digunakan secara maksimal. Hal itu tentunya akan memberikan kepuasan kepada user, sehingga menjadikan produk kita pilihan utama mereka. Tanpa adanya riset UX tersebut, user akan kesulitan dan menerka-nerka cara kerjanya. Hal itu tentu akan menyulitkan mereka kan?

 

Itulah 4 alasan mengapa user experience itu penting. Jadi, harus diperhatikan ya.


Comments