4 TUJUAN EDITING VIDEO



Video adalah teknologi untuk menangkap, merekam, memproses, mentransmisikan gambar bergerak. Sedangkan editing adalah proses menggerakan dan menata ulang kembali sesuatu menjadi hal yang baru. Jadi, dapat kita simpulkan bahwa video editing merupakan proses edit terhadap klip-klip video hasil dari proses shooting, dimana pada proses ini seorang editor memilih atau menyunting gambar dalam bentuk video tersebut dengan cara memotong klip-klip video (cut to cut) kemudian menggabungkan potongan-potongan video tersebut, menjadi sebuah video yang utuh untuk kemudian menjadi sebuah video yang baik untuk ditonton.

 

Istilah editing telah dikenal luas dan banyak orang memberi pemahaman sendiri. Pekerjaan editing berkaitan dengan menata, menambahkan, memindahkan klip video maupun klip audio, menerapkan filter, dan sebagainya.

 

Dalam proses editing itu sendiri, seorang editor akan menambahkan berbagai effect serta menyisipkan transisi, sehingga video akan terlihat menarik saat ditonton. Oleh sebab itu, proses editing menjadi salah satu step penting yang harus dilakukan sebelum meng-publish video.

 

Dalam proses editing, tidak cukup hanya menggabungkan gambar gitu aja, tetapi banyak sekali variabel yang harus diketahui dalam proses editing, misalnya: seorang editor harus juga bisa memberi sentuhan rasa dalam memandang sebuah angle camera yang baik, sehingga bisa bisa memberi sentuhan editing yang menarik.

 

Ada banyak alasan seseorang melakukan editing video. Yang terpenting adalah ketika kita melakukan pengeditan, pertama adalah menetapkan tujuan kita melakukan editing. Akan seperti apa hasilnya nanti tergantung dengan apa tujuan kita diawalnya. Secara umum, tujuan editing adalah sebagai berikut :

 

1.     Memindahkan atau menghapus klip video yang tidak dikehendaki

Ini merupakan tugas paling umum dan yang paling sederhana dalam proses editing. Banyak video dapat secara dramatis ditingkatkan dengan membuang bagian video/gambar yang tidak dikehendaki.

2.    Memilih gambar dan klip yang terbaik

Biasanya ini dilakukan untuk mendapatkan durasi yang singkat dari ukuran durasi yang panjang. Hanya material yang terbaik saja yang akan dipertahankan.

3.    Menambahkan efek, grafik, maupun music

Hal ini memang bukan hal wajib dalam editing. Namun, ini merupakan hal yang sangat dianjurkan untuk dilakukan agar menambah kesan menarik dalam video.

4.    Mengubah gaya dan suasana hati.

Hal ini dapat dilakukan dengan cara menambahkan backsound, quote ataupun video cinematic (yang pastinya memperhatikan angle yang baik). Pernah gak sih kalian melihat video yang sebenarnya sama aja, tapi perasaan ketika kita menonton itu bisa berbeda karena tambahn backsound sedih didalamnya. Rasanya lebih ngena gitu. Teknik seperti suasana hati musik dan efek visual dapat mempengaruhi bagaimana penonton akan bereaksi.

 

Nah, itulah beberapa hal ynag biasanya menjadi tujuan seseorang dalam melakukan editing video. Editing video itu mudah kok. Asal kita nya  aja yang ma uterus belajar. Semangat!


Comments