5 ALASAN MENGAPA USABILITY PENTING




Mungkin bebrapa orang belum tau apa itu usability. Banyak sekali pengertian yang merujuk pada usability, namun tetap memiliki maksud yang sama.  Usability ialah kemampuan yang dimiliki sebuah aplikasi dengan mudah digunakan dan tujuan penggunaannya sesuai diinginkan oleh pengguna. Atau bisa dikatakan tingkat kualitas dari sistem yang mudah dipelajari, mudah digunakan, dan mendorong pengguna untuk menggunakan sistem sebagai alat bantu positif dalam menyelesaikan tugas. Dalam konteks ini, yang dimaksud sebagai sistem adalah software (perangkat lunak). Atau dengan kata lain, usability adalah suatu ukuran, dimana pengguna dapat mengakses fungsi dari sebuah sistem dengan efektif, efisien dan memuaskan dalam mencapai tujuan tertentu.

 

Usability ini sangat penting bagi UI/UX. Jika aplikasi (berbasis web maupun android) sulit digunakan ataupun homepage gagal menyatakan dengan jelas apa yang ditawarkan perusahaan dan apa yang dapat dilakukan user, maka pastinya akan ditinggalkan dong, kalah pamor dengan aplikasi lain.

 

Ada banyak alasan mengapa usability dianggap penting, diantaranya:

1.       Memudahkan Pengguna dan mudah dipelajari

Sebuah aplikasi tentunya harus mempunyai sistem dan mekanisme yang baik yang dapat memudahkan pengguna untuk mengoperasikan aplikasi tersebut. Tapi dengan tidak mengesampingkan tampilan. Karena tampilan ini merupakan salah satu penentu bertahan atau tidaknya user dalam penggunaan aplikasi. Jika ada 2 aplikasi dengan fungsi sama dan sama-sama mudah digunakan, tapi dengan tampilan yang berbeda, pastinya kita akan memilih salah satu aplikasi saja kan? Untuk apa kita meng-install 2 aplikasi dengan fungsi yang sama dalam waktu bersamaan? Kalau begini kasusnya, tentunya kita akan memilih aplikasi dengan tampilan yang lebih menarik, kan?

 

2.     Berjalan sesuai fungsi

Usability harus memastikan aplikasi berjalan sesuai dengan fungsi yang dapat digunakan oleh pengguna. Misalnya saja aplikasi transaksi pembayaran, harus berjalan sesuai fungsi aplikasi tersebut yaitu melakukan transfer atau transaksi pembayaran.

 

3.     Mempengaruhi kepada faktor kesuksesan

Usability juga berdampak pada faktor kesuksesan dalam sebuah aplikasi. Jika aplikasi tersebut susah diakses oleh pengguna, maka pengguna akan meninggalkan aplikasi tersebut dan berpindah aplikasi yang mudah digunakan.

 

4.    Menarik minat pengguna

Aplikasi harus mempunyai usability yang baik agar menarik minat pengguna untuk menggunakan aplikasi tersebut samapai seterusnya.

 

5.     Terbentuknya Useful

Salah satu atribut kualitas yang dimiliki oleh usability adalah Utility. Utility yaitu dapat menyediakan fitur-fitur yang dibutuhkan, sedangakan usability yaitu bagaimana kemudahan sebuah fitur digunakan. Kegunaan dari utility sama-sama penting. Jika usability dan utility digabungkan, maka akan membentuk useful.

 

Nah, itulah 5 alasan mengapa usability itu dianggap penting. Jadi, jika kamu ingin membuat sebuah aplikasi, baik itu berbasis android maupun web, jangan lupa memperhatikan aspek usability nya ya.


Comments