3 MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA JUAL BELI ONLINE

 

 

Di era digital, masyarakat tentunya tak asing lagi  dengan hadirnya media sosial. Media sosial merupakan media yang digunakan untuk salin berinteraksi secara daring. Apalagi pada masa pandemi ini, media sosial dipandang sangat penting. Segala hal baik pendidikan, sosial, politik, bahkan jual beli pun menggunakan media sosial.

Dari banyaknya media sosial yang ada sekarang, mungkin kamu bingung menentukan media mana sih yang cocok untuk jualan? Disini akan dijelaskan 3 media sosial yang bisa jadi pertimbangan kamu. Simak penjelasannya ya.

 

1.       Facebook

Pasti tidak asing lagi dong dengan yang satu ini. Facebook sudah cukup lama digandrungi di Indonesia.  Mulai dari remaja hingga dewasa menggunakan media ini untuk saling berinteraksi dengan orang-orang yang tinggalnya berjauhan. Kenapa media ini cocok untuk jualan? Karena pada Facebook, kamu bisa membuat halaman untuk mempromosikan produk yang kamu jual. Selain itu kamu juga bisa membuat grup atau bergabung pada grup yang sudah ada, seperti grup jual beli ataupun grup yang berhubungan dengan produk yang kamu jual. Untuk mempromosikan produk, kamu cukup memposting gambar ataupun video produk, lalu berikan deskripsi produk tersebut. Jika ingin lebih banyak jangkauan, kamu juga bisa menggunakan Facebook Ads. Memang memasang iklan pada Facebook Ads berbayar, namun jika kamu cerdas dalam pembuatan iklan yang menarik, pasti akan mendatangkan pembeli yang lumayan jumlahnya.

Facebook memiliki interface yang sangat mudah dipahami, sehingga masyarakat 30-50 Tahun lebih memilih Facebook sebagai media sosial favoritnya. Jadi, jika produkmu berhubungan dengan ibu rumah tangga, media ini cocok sekali untukmu.

 

2.    Instagram

Media yang satu ini mulai hits beberapa tahun belakangan. Kalau media ini lebih cocok untuk remaja. Namun, tidak menutup kemungkinan, ibu rumah tangga pun menggunakannya. Cara kerja aplikasi ini tidak jauh beda dengan Facebook. Kamu cukup memposting video ataupun foto produk kamu, lalu memberikan caption menarik dibawahnya. Namun, jangan lupa memberikan hashtag yang berkaitan dengan produk yang kamu jual agar pembeli dapat lebih mudah mencari produkmu.

Selain memposting sendiri, kamu juga bisa meng-endorse artis ataupun selebgram dengan followers yang tentunya sangat banyak. Sehingga, kemungkinan orang yang akan melihat produkmu juga lebih banyak. Hal ini akan meningkatkan penjualanmu.

 

3.    Whatsapp

Media ini biasanya digunakan untuk chatting. Tapi kamu bisa memanfaatkannya untuk jualan juga loh. Kamu cukup memposting foto ataupun video pada status Whatsapp. Jangan lupa tambahkan deskripsi yang menarik. Selain itu, kamu juga bisa membuat grup ataupun bergabung dalam grup. Didalam grup tersebut, kamu bisa mengirimkan foto ataupun video produk yang kamu jual.

Nah, itulah 3 media sosial yang dapat dijadikan sebagai tempat jual beli online. Kamu pilih yang mana?

Comments