5 APLIKASI DALAM BIDANG PENDIDIKAN



Aplikasi adalah program komputer yang beroperasi pada sistem tertentu untuk mempermudah pekerjaan manusia. Komputer memiliki banyak sekali manfaat di berbagai bidang. Manfaat yang paling dirasakan salah satunya adalah membantu dalam proses pendidikan. Berikut ini adalah 5 aplikasi dalam bidang pendidikan.

 

1.       Google Classroom

Aplikasi ini merupakan aplikasi garapan google dan merupakan salah satu aplikasi belajar populer yang digunakan untuk menghubungkan antara guru dan siswa maupun antara dosen dan mahasiswa. Untuk menggunakan aplikasi ini, user diharuskan untuk login ini menggunakan email. User diberikan 2 pilihan yaitu join class dan create class. Join class dipilih untuk siswa ataupun mahasiswa, sedangkan create class digunakan untuk pengajar (guru dan dosen).

Aplikasi ini memiliki banyak keunggulan diantaranya memberikan transparansi nilai, sehingga pengajar yang telah menilai tugas akan dapat dilihat oleh siswa/mahasiswa. Aplikasi ini juga memungkinkan adanya diskusi kelas ataupun diskusi pribadi antara siswa/mahasiswa dengan pengajar. Siswa/mahasiswa dapat absen melalui aplikasi ini, baik dengan cara menulis di kolom komentar, ataupun melalui google form yang di post pada aplikasi ini.

Aplikasi ini memungkinkan me-manage kelas jarak jauh, sehingga sangat dibutuhkan sekali pada masa pandemic saat ini. \


 

2.    Zoom Meeting

Aplikasi ini merupakan aplikasi video conference terpopuler saat ini. Aplikasi ini bukan hanya digunakan dalam bidang pendidikan saja, namun juga dalam berbagai bidang. Karena masa pandemic saat ini yang tidak memungkinkan masyarakat untuk bertemu secara langsung, maka banyak masyarakat yang memanfaatkan aplikasi ini untuk bersilaturahmi maupun membahas hal-hal penting.

Aplikasi ini merupakan aplikasi berbayar, namun user dapat menggunakannya secara gratis dengan batas waktu 45 menit. Setelah 45 menit, video conference akan otomatis berhenti.


 

3.    Google Meet

Aplikasi ini merupakan aplikasi video conference garapan google.  Aplikasi ini hampir sama dengan zoom meeting, namun tidak terlalu populer karena ada beberapa fitur yang dinilai kurang efektif. Kelebihan aplikasi ini daripada zoom meeting adalah aplikasi ini gratis, sehingga aplikasi ini dapat digunakan seberapa lama pun kita inginkan tanpa ada jeda.


 

4.   Ruang Guru

Aplikasi ini merupakan aplikasi belajar online nomor 1 di Indonesia yang dibuat oleh Adamas Belva Syah Devara, lulusan dari Nanyang Technological University Singapura. Untuk menggunakan aplikasi ini, user diharuskan login dan berlangganan dahulu. Setelah berlangganan, user dapat mengakses video pembelajaran sesuai kelas yang dipilih.


 

5.    Photomath

Aplikasi ini adalah aplikasi yang dapat memudahkan siswa dalam mengerjakan soal matematika. Cara penggunaan aplikasi ini sangat mudah, kita hanya perlu memotret masalah matematika yang ada. Secara otomatis, aplikasi ini akan memberikan jawaban yang benar. Walaupun secara praktis kita dapat mengetahui jawabannya, tetaplah mencari secara manual dahulu baru memeriksa jawaban kita menggunakan aplikasi ini. Semua aplikasi itu akan bermanfaat dan berdampak positif tergantung cara kita menggunakannya.

 

Itulah 5 aplikasi dalam bidang pendidikan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca. Terimakasih.


Comments