5 KERJAAN FREELANCE UNTUK MENAMBAH PEMASUKANMU

 


Untuk kamu yang merasa kurang pemasukan, kamu membaca artikel yang  tepat. Untuk menambah pemasukan, tidak perlu resign kemudian mencari pekerjaan lain yang lebih tinggi gajinya. Kamu tetap bisa melakukan pekerjaan kamu yang sekarang, namun dengan tambahan bekerja freelance.

Freelance itu apa sih? Freelance adalah pekerja lepas. Pekerjaan ini bukanlah pekerjaan yang terikat kontrak. Pekerjaan ini sangat fleksibel, jadi kamu bisa menyesuaikan berdasarkan jam kerja kamu. Bukan hanya pekerja, freelancer ini bisa dilakukan mahasiswa ataupun siswa sekalipun, asalkan memiliki skill yang mumpuni. Selain itu, tentunya kamu harus menyediakan laptop dan beberapa aplikasi yang menunjang pekerjaan yang sedang kamu handle.

Ada banyak sekali jenis pekerjaan freelance yang bisa kamu ambil. 5 diantaranya adalah:

 

1.       Penulis/Content Writer

Bagi kamu yang jago menulis, kamu bisa memanfaatkan skill ini untuk mendapatkan cuan. Kamu hanya perlu membuat blog. Kamu juga bisa mencari lowongan pekerjaaan penulis lepas di internet, Koran, maupun berbagai sosial media.

Pekerjaan freelance ini biasanya membuat tulisan sesuai orderan dan paling mudah untuk bisa dikerjakan dimana saja. Umumnya bayaran yang didapatkan oleh kamu bisa per bulan atau per artikel, tergantung skema pada kesepakatan yang kalian setujui.

 

2.    Desain Grafis

Pekerjaan freelance yang satu ini adalah yang paling banyak dicari oleh perusahaan atau agensi manapun. Di era digital ini, setiap postingan di media sosial membutuhkan design yang bagus untuk menarik minat costumer. Di berbagai acara pun jasa freelance ini sangat dibutuhkan untuk men-design baliho. Pekerjaan lain yang bisa kamu lakukan seperti, membuat logo, ilustrasi, brosur, campaign promosi usaha pribadi atau produk, dan sebagainya. Kamu yang punya keahlian menggambar bisa menjual portofolio desain grafismu di situs pribadi atau platform sosial media.

 

3.    Editor

Belum banyak orang yang sadar bahwa gaji seorang editor lumayan besar. Ada yang dihitung per bulan atau berdasarkan jumlah proyek yang dikerjakan. Mereka yang mencari jasa editor biasanya media-media, dan penerbit buku yang membutuhkan freelance.

Tugas kamu adalah mengecek dan mengoreksi naskah untuk penggunaan bahasa, typo dalam segi penulisan, memeriksa EYD, dan masih banyak lagi. Jika kamu adalah seseorang yang teliti kenapa tidak mencobanya?

 

4.   Content Creator

Seiring berkembangnya dunia digital, banyak perusahaan-perusahaan yang memerlukan jasa seorang content creator. Bisnis freelance seorang konten creator ini sedang digandrungi milenial.

Tugas seorang content creator adalah mengumpulkan ide, data , serta meriset sebuah konsep yang berhubungan dengan promosi produk. Dalam promosi tersebut menghasilkan konten yang sesuai dengan identitas dan branding yang diinginkan klien.

 

5.    Web Designer

Sebagai seorang web designer, kamu harus memiliki keahlian dalam penguasaan HTML, JavaScript, dan CSS. Selain itu, kamu harus bisa mengoperasikan berbagai software desain seperti, Photoshop dan Corel Draw. Sebab, kamu harus membuat website dengan tampilan yang indah, unik, ciri khas, dan tentunya menarik. Tuntutan yang cukup tinggi sepadan dengan bayaran yang akan kamu dapatkan. Gaji freelance seorang web designer jangan ditanya. Sudah pasti dihargai dengan range harga yang mahal sekitar Rp7 juta ke atas.

 

Itulah 5 pekerjaan freelance yang bisa kamu pertimbangkan untuk menambah pemasukanmu. Kamu bisa mencari lowongan pekerjaan freelance di berbagai platform sosial media maupun di beberapa situs ini: Freelance.com, Sribulancer.com, dan Stackoverflow.com

Comments