5 MACAM SISTEM OPERASI LINUX


 

Mungkin sebagian masyarakat belum banyak mengetahui mengenai Sistem Operasi Linux. Untuk itu, sebelum kita membahas jenis-jenis Linux, yuk kita bahas dulu apa sih Linux itu. Linux merupakan sistem operasi bebasis UNIX. Sistem operasi ini merupakan perangkat lunak bebas (Freeware) dan sumber terbuka (Open Source).

 

Biasanya pengguna Sistem Operasi ini adalah Programmer dan Developer yang tidak membutuhkan tampilan grafis yang bagus. Jarang sekali Content Creator ataupun Editor menggunakan Sistem Operasi ini karena kekurangan Sistem Operasi ini dalam hal grafis. Tapi, untuk kamu yang bosan dengan Windows dan ingin mencoba Sistem Operasi ini bisa kok. Tinggal download aja di google.

 

Sistem Operasi ini banyak macamnya. Jadi, sebelum kamu memutuskan untuk menginstall Linux, simak dulu ya penjelasan ini. Beberapa Sistem Operasi Linux, antara lain:

 

1.       Red Hat Linux

Jenis ini instalasinya paling mudah dilakukan. Sistem operas RedHat Linux merupakan salah satu GNU/Linux yang tergolong sudah tua, menawarkan kemudahan, mode tampilan yang sepenuhnya grafis mulai saat instalasi, dan pemakaian yang ramah.

 

2.    Debian

Debian sudah lumayan lama juga nih, pembuatannya sejak Tahun 1999. Setiap tahunnya, Debian terus dikembangkan secara teratur hingga sekarang sudah memasuki versi 8.

Jenis ini sangat cocok untuk komputer server atau untuk komputer admin. Namun, kurang cocok digunakan untuk tujuan personal karena fungsinya lebih diperuntukkan pada penggunaan di sistem komputer server dan admin.

 

3.    Ubuntu

Ubuntu ini merupakan pengembangan dari Debian. Bedanya, Sistem Operasi ubuntu ini dapat digunakan tidak hanya pada komputer server dan komputer admin saja tapi juga dapat untuk penggunaan pada komputer personal atau pribadi. Proyek Ubuntu sendiri dibiayai oleh Canonical Ltd (perusahaan milik Mark Shuttleworth).

Pada versi terbarunya, Ubuntu dikondisikan untuk penggunaan di perangkat smartphone. Wah, makin vanggih ya. Oleh sebab itu, sistem operasi Linux jenis ini menjadi yang paling banyak dipakai dari sekian macam-macam sistem operasi Linux yang ada. Pada 31 Oktober 2011, Mark Shuttleworth mengumumkan bahwa Ubuntu 14.04 akan mendukung smartphone, tablet, dan smart TV.

 

4.   Linux Mint

Jika Ubuntu tadi merupakan perkembangan dari Debian, maka Linux Mint dapat dibilang cucu dari Debian karena dikembangkan dengan dasar Ubuntu. Sistem operasi Linux Mint ini dikembangkan untuk tujuan penggunaan pribadi atau personal (PC) dan terbagi menjadi 2 varian yaitu CINNAMON dan MATE.

Linux CINNAMON lebih modern daripada Linux MATE, namun kekurangannya kurang stabil dibandingkan Linux MATE. Linux CINNAMON juga belum banyak mendukung kartu grafis pada beberapa komputer maupun laptop.

 

5.    Fedora

Fedora dikembangkan oleh Fedora Project yang didukung oleh komunitas pemrogram serta disponsori oleh Red Hat. Versi terbarunya adalah Fedora 24. Fedora 24 yang dinilai mempunyai banyak kelebihan baik dari sisi platform dan aplikasi. Meski begitu, Fedora memiliki kekurangan antara lain update yang tidak seteratur Ubuntu dikarenakan tipe dan proses pengembangannya.

 

Nah, itulah 5 macam Sistem Operasi Linux. Semoga bermanfaat ya sebagai pertimbangan kamu sebelum menginstallnya. Gimana, kamu pilih yang mana?

Comments