MEMORI UTAMA (MAIN MEMORY) - KOMPONEN DASAR SISTEM OPERASI

 


Memori adalah istilah generik bagi tempat penyimpanan data dalam komputer. Memori dapat dibayangkan sebagai suatu ruang kerja bagi komputer dan menentukan ukuran dan jumlah program yang dijalankan, serta jumlah data yang bisa diproses. Memori terkadang disebut sebagai primary storage, primary memory, main storage, main memory, maupun internal memory. Ada beberapa macam tipe dari memori komputer, yaitu Random Access Memory (RAM), Read Only Memory (ROM), CMOS Memory, dan Virtual Memory.

 

Sedangkan memori utama (Main Memory) merupakan salah satu komponen dasar sistem operasi. Komponen dasar sistem operasi adalah berbagai komponen yang dibutuhkan agar suatu sistem operasi dapat berjalan dengan lancar. Nah memori utama ini meyimpan media dalam bentuk array, kemudian menyusunnya dalam bentuk word atau byte. Kapasitas daya simpannya bisa jutaan susunan. Setiap word atau byte mempunyai alamat tersendiri.

 

Memori utama tersusun dari suatu kelompok chip yang mampu untuk menyimpan instruksi atau data. Instruksi yang dapat dilakukan oleh memori, diantaranya membaca (read) serta menulis (write) ke memori tersebut. CPU sendiri dapat melakukan salah satu dari proses tersebut. Tipe chip yang cukup banyak dikenal pada memori utama ini DRAM ( Dinamic Random Access Memory). Kapasitas atau daya tampung dari satu chip ini bermacam-macam, tergantung kapan dan pada computer apa DRAM tersebut digunakan.

 

Memori utama berfungsi menyimpan sistem aplikasi, sistem pengendalian, dan data yang sedang beroperasi atau diolah. Semakin besar kapasitas memori akan meningkatkan kemapuan komputer tersebut. Memori diukur dengan KB atau MB. Random Access Memory (RAM), merupakan bagian memory yang bisa digunakan oleh para pemakai untuk menyimpan program dan data. Kebanyakan dari RAM disebut sebagai barang yang volatile. Artinya adalah jika daya listrik dicabut dari komputer dan komputer tersebut mati, maka semua konten yang ada di dalam RAM akan segera hilang secara permanen. Selain itu, memori utama juga berfungsi sebagai media penyimpanan data yang berkaitan dengan CPU atau perangkat I/O. Ada beberapa jenis RAM, diantaranya : Dynamic RAM (DRAM), Fast Page Mode DRAM (FPM DRAM), Extended Data Output DRAM (EDO DRAM), Synchronous DRAM (SDRAM), Rambus DRAM (RDRAM), Double Data Rate SDRAM (DDR SDRAM).

 

Sistem operasi bertanggung jawab pada aktivitas yang berkaitan dengan manajemen memori utama, yaitu :

·      Dapat memilih program yang hendak di load ke dalam memori

·      Dapat mengalokasikan dan juga mengdealokasikan ruang memorinya yang disesuaikan degan kebutuhan

·      Dapat menjaga track dari memori yang tengah digunakan dan siapapun yang dapat menggunakannya.

 

Sistem operasi akan menghitung berapa jumlah memori dan berapa alokasi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan sebuah proses karena adanya manajemen memori utama. Karena adanya memori utama itulah semua proses itu terjadi. Jika tidak diatur, maka proses akan berantakan dan tidak berjalan dengan benar.

Comments