7 CARA MENJAGA PRIVASI DALAM KOMPUTER

 



Di era digital ini, tak bisa dipungkiri bahwa privasi kita semakin rentan terpublikasi, baik melalui media sosial ataupun melalui history aplikasi. Maka, pada artikel ini akan dibahas mengenai 7 cara melindungi privasi dalam komputer.

 

1.       Gunakan password pada komputer

Banyak serangan cyber yang berhasil meretas karena kata sandi (password) yang lemah. Semua akses ke jaringan maupun data, sangat sensitif dan harus dijaga dengan nama pengguna dan kata kunci yang unik. Sandi yang kuat berisi angka, huruf dan symbol disarankan untuk setiap pengguna menggunakan kata sandi yang unik.

 

2.    Autentikasi 2 Faktor / 2 Factor Authentication (2FA)

Jika password dirasa masih kurang aman, kamu bisa menggunakan 2FA. Fitur ini 2FA dinilai paling efektif dan penting untuk digunakan. Dengan menggunakan fitur ini, kamu memang membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengakses situs yang ingin kamu kunjungi, namun fitur ini dapat berdampak besar untuk mengurangi peluang peretasan.

Bagaimana cara kerja 2FA? Saat kamu log in ke sebuah akun menggunakan komputer atau alamat IP yang berbeda, kamu akan mendapat peringatan melalui email atau ponsel. kamu hanya perlu masuk dengan kode yang telah dikirimkan ke email atau ponsel. Dengan menggunakan fitur 2FA ini, peretas akan membutuhkan lebih banyak data untuk bisa meretas akun kamu.

 

3.    Meng-install antivirus

Antivirus berfungsi untuk mendeteksi keberadaan virus dan menghapus virus tersebut secepatnya. Banyak penyedia jaringan sekarang menawarkan aplikasi antivirus secara gratis. Di samping itu, menjaga software agar terus up-to-date juga mampu mencegah virus masuk dan membuat keamanan sistem IT kamu terjaga.

 

4.   Batasi akses ke situs yang tidak dijamin keamanannya

Saat kita membuka beberapa situs, terkadang ada peringatan bahwa situs tersebut berbahaya. Ketika mendapatkan peringatan tersebut, sebaiknya jangan diabaikan. Segeralah keluar dari situs tersebut. Bisa saja situs tersebut merupakan phising.

 

5.    Jangan membuka email tidak dikenal

Jangan pernah mengklik lampiran email yang tidak dikenal, yang kemungkinan bisa berisi virus komputer. Sebelum membukanya, hubungi pengirim untuk mengkonfirmasi isi pesan. Jika kamu tidak mengenal pengirim tersebut, sebaiknya kamu menghapus pesan, memblokir akun pengirim yang tidak dikenal, dan memperingatkan orang lain untuk melakukan hal yang sama.

 

6.   Hapus history secara berkala

Setiap selesai membuka situs apapun, usahakan meluangkan sedikit waktu untuk menghapus history. Dikhawatirkan history tersebut akan disalahgunakan oleh orang lain. Bahkan oleh orang terdekatmu sendiri.

 

7.    Jangan meminjam perangkat orang lain

Tahukah kamu? Walaupun kamu telah menghapus history dari perangkat yang kamu pinjam, orang tersebut masih bisa memantau apa saja yang kamu akses.  Hal ini dapat terjadi karena pemilik perangkat tersebut menginstall aplikasi keylogger. Jadi berhati-hatilah.

 

Itulah 7 cara menjaga privasi dalam komputer. Lebih ribet sedikit tidak masalah. Jangan sampai menyesal di kemudian hari ya.

Comments