7 MANFAAT GOOGLE ANALYTICS

 


Google Analytics adalah sebuah layanan gratis dari Google untuk mengetahui statistik pengunjung dari sebuah website. Google Analytics dapat menelusuri pengunjung berdasarkan informasi halaman pengacu, termasuk mesin pencari, iklan, jaringan pay-per-click, email marketing, dan juga tautan yang terkandung dalam dokumen PDF. Jika diintegrasikan dengan AdWords, Google Analytics juga bermanfaat untuk menganalisis efektfitas iklan AdWords yang dipasang di Google. Dengan menggunakan Google Analytics, kita dapat mengetahui iklan dan kata kunci apa yang mengarah pada situs web kita.  Aplikasi Google Analytics dapat di akses melalui Daftar Google Analytics Google Analytics juga digunakan untuk mengetahui kepadatan trafik dari website/blog.  Adapun manfaat yang dapat Google Analytics berikan untuk website, diantaranya :

 

1.       Memantau Visitor

Kamu dapat mengetahui dari mana visitor website kamu berasal. Hal ini berguna untuk menentukan strategi pengembangan bisnis yang Kamu lakukan sehingga Kamu dapat menjadikan sumber terbesar visitor yang datang ke website tersebut sebagai potensi yang perlu mendapatkan perhatian khusus. Selain itu, Kamu juga dapat memperoleh informasi detail mengenai karakteristik visitor web seperti jenis kelamin, kriteria umur, lama berkunjung, demografi pengunjung, dll. Dari informasi tersebut, Kamu dapat mengetahui market yang tertarik dengan websitemu. Hal ini menjadikan sasaran market dapat disesuaikan dengan karakter visitor tersebut.

 

2.    Mengetahui Konten Populer

Konten merupakan bagian terpenting dari website, hal ini bisa diibaratkan dengan rumah dan isinya. Apabila isinya menarik, tentu semakin banyak yang berkunjung. Dengan mengetahui konten yang paling menarik, Kamu dapat memberikan acuan untuk strategi pengembangan konten web selanjutnya.

 

3.    Optimalisasi Kata Kunci

Google Analytics sangat berperan penting dalam menentukan keyword apa saja yang paling sering dicari orang di website Hal ini penting sebagai tolak ukur dari optimalisasi SEO di websitemu.

 

4.   Events

Events digunakan sebagai cara untuk melacak in-page actionseperti klik pada link eksternal, video, dan penggunaan form atau interaksi in-page lainnya.

 

5.    Campaigns

Salah satu cara untuk melihat informasi dari beberapa platformseperti media sosial dan email marketing adalah dengan mengatur URL yang digunakan di beberapa tempat dengan menggunakan toolsURL builder dari Google. Tools ini akan membuat long URL dengan data seperti ‘Campaign’, ‘Source’ dan lainnya sehingga kamu bisa melacak platform mana yang lebih spesifik memberikan traffic yang terbaik.

 

6.   Custom dashboards

Dashboard adalah tampilan pertama yang muncul ketika seseorang login dan kamu bisa membuat dashboard yang kustom untuk dapat segera mengakses berbagai jenis data yang bebeda.

 

7.    Intelligence Events

Fitur satu ini mampu memberikan tanda pada key events dalam data sehingga kamu bisa meresponnya dengan segera. Aplikasi yang jelas ada pada fitur ini adalah dengan memonitor peningkatkan traffic dalam jangka waktu tertentu.

 

Dengan menggunakan Google Analytics, kamu dapat membuat report tentang trafik website/blog dalam jangka waktu harian, mingguan, atau bulanan. Untuk mendaftar pada Google Analytics, kamu hanya perlu memiliki akun Google. Jadi, yuk daftar Google Analytics! J

 

Comments